Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:25 WIB | Rabu, 08 Juli 2015

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 17 Juli

Ilustrasi. Pemudik turun dari kapal Mahkota Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Senin (6/7). Menurut Kantor Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak Surabaya jumlah pemudik yang akan turun maupun naik kapal di pelabuhan Tanjung Perak di H-15 sampai H+15 Lebaran 2015 diprediksi naik sebesar 5 persen dari tahun lalu. (Foto:Antara)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pimpinan Pusat Muhaammadiyah, hari Selasa (7/7) siang secara resmi menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada Jumat 17 Juli 2015 berdasarkan telah terpenuhinya tiga kriteria dalam dalam Hisab Hakiki Wujudul-Hilal.

Penetapan 1 Syawal 1436 Hijriah tersebut disampaikan langsung Pimpinan PP Muhammadiyah Yunanhar Ilyas di Kator Pusat PP Muhammadiyah Jalan Cik Di Tiro Yogyakarta.

"Penetapan ini karena telah terpenuhinya tiga kriteria dalam Hisab Hakiki Wujudul-Hilal," kata Yunanhar Ilyas.

Menurut dia, kriteria pertama adalah sudah terjadi Ijtimak atau konjungsi antara bulan dan matahari.

"Kriteria ke dua, Ijtimak terjadi sebelum matahari terbenam, dan kriteria ke tiga yakni ketika matahari terbenam, bulan belum terbenam atau masih berada di atas ufuk," katanya.

Ia mengatakan, tiga kriteria tersebut telah terpenuhi pada Kamis 16 Juli pada pukul 08.28 WIB, karena ketika matahari tenggelam di tanggal tersebut bulan masih berada di atas ufuk dengan ketinggian tiga derajat.

"Dengan demikian Muhammadiyah memastikan bahwa Hilal sudah terwujud," katanya.

Yunanhar mengatakan, didasarkan perhitungan tersebut, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan bahwa 1 Syawal 1436 Hijriah tepat terjadi pada Kamis 16 Juli 2015 atau kalau dikonversi ke kalender Masehi 1 Syawal jatuh pada 17 Juli 2015.

"Hasil yang didapat ini juga dapat berlaku bagi umat Islam di seluruh dunia. Metode yang digunakan PP Muhammadiyah adalah Hisab Hakiki, dimana metode Hisab berdasarkan pada gerak benda langit, khusunya matahari dan bulan," katanya. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home