Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:32 WIB | Sabtu, 11 Januari 2014

Musisi Legendaris Ramaikan Perebutan Grammy Awards 2014

Mick Jagger dan Keith Richards. (Foto: Grammy.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Grammy Awards yang diberikan oleh National Academy of Recording Arts and Sciences adalah salah satu dari empat penghargaan musik terbesar di AS, bersama Billboard Music Awards, American Music Awards, dan Rock and Roll Hall of Fame Induction Ceremony.

Grammy Awards dianggap setaraf dengan Academy Awards dalam bidang musik. Grammy Awards ke- 56 akan digelar di Staples Center Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 26 Januari 2014. Musisi legendaris yang masih bertahan hingga kini turut meramaikan jajaran nominasi peraih penghargaan tahun ini.

Seperti bisa dibaca di situs resmi Grammy Award, The Rolling Stones, grup band rock terkenal asal Inggris yang saat ini masih eksis di blantika musik dunia, masuk dalam daftar nominasi kategori musisi legendaris. Dibentuk pada 1962, The Rolling Stones mengalami beberapa pergantian anggotanya. Sekarang, grup musik ini beranggotakan empat orang, yaitu Mick Jagger (vokalis), Keith Richards (gitaris), Ronnie Wood (gitaris), Charlie Watts (drummer).

The Rolling Stone meluncurkan album terbaru pada 1 Januari 2014. Tiga lagu dalam album musik terbaru mereka itu, Beast of Burden, Tumbling Dice, Doom & Gloom dinyanyikan secara live dalam pementasan mereka di Hyde Park, London, pada 2013.

Selain The Stone, masuk dalam daftar nominasi Paul McCartney, musikus berkebangsaan Inggris. Ia lebih dikenal sebagai salah satu personel The Beatles. Bersama John Lennon di dekade 60, ia membentuk partnership pencipta lagu paling sukses. Ia masih aktif bermusik dan sebagai musikus hingga kini, pendapatannya masuk dalam daftar tertinggi di Inggris. Setelah The Beatles bubar, McCartney bersama istrinya, Linda McCartney, membentuk grup musik Wings yang cukup sukses pada tahun 1970-an. Setelah Wings bubar, ia berkarier solo hingga sekarang.

Pada Guinness Book of Records, McCartney tercatat sebagai musisi dan pencipta lagu tersukses sepanjang masa dengan 60 platinum dan penjualan rekaman tunggal (single) 100 juta. Lagu Yesterday yang diciptakannya pada 1964 menjadi lagu paling sering dinyanyikan kembali dan diputar di radio Amerika Serikat.

McCartney juga aktif dalam kegiatan pembelaan hak hewan, terutama dalam PETA. Ia juga menulis, seperti buku kumpulan puisi dan liriknya, Blackbird Singing, serta dikenal juga sebagai pelukis.

Selain dua nama di atas, masuk juga grup musik legendaris Black Sabbath yang masuk daftar nominasi kategori Best Rock Song. Kategori Best Rock Performance juga memasukkan nama Led Zeppelin dan David Bowie. (wikipedia/grammy.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home