Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 21:33 WIB | Minggu, 21 September 2014

Muslim AS: Islam, Jawaban untuk Atasi ISIS

Demonstrasi di New York pada 22 Agustus 2012 mendukung pendirian Islamic Center di dekat bekas bangunan World Trade Center, di New York. (Foto: AFP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – “Amerika membutuhkan Islam—tidak untuk membawa mereka menjadi mualaf, tetapi sebagai obat penawar untuk ideologi beracun dan mengancam dari ISIS,” Salam Al Marayati menulis di blog huffingtonpost.com, Kamis (18/9).

Presiden  Muslim Public Affairs Council—Washington DC ini mengungkapkan bahwa bom tidak bisa menghancurkan ide-ide. Memenggal kepala pemimpin ISIS (Islamic State of Iraq and Syria/Negara Islam Irak dan Suriah/NIIS) tidak akan menghentikan kekerasan berlandaskan ekstremisme. Upaya Amerika Serikat untuk menghancurkan al-Qaeda dengan membunuh Osama bin Laden dan al-Qaeda-di-Irak (yang sekarang ISIS) dengan membunuh Abu Musab al-Zarqawi tidak menghalangi kelompok lain untuk muncul dalam lingkungan tirani dan pemerintah pusat yang lemah.

Ini adalah pesan kami umat Muslim Amerika, Al Marayati menulis, dapat menyampaikan kepada umat Islam di seluruh dunia dalam mengisolasi ISIS: itu didasarkan pada teologi Islam terhadap kehidupan melawan kultus kematian. Hal ini juga didirikan pada tradisi Al-Quran yang memajukan peradaban, bukan merusaknya. Mari kita periksa kontras antara Islam dan ISIS.

ISIS mengajak orang-orang untuk mati. Islam merespons panggilan Nabi Muhammad yang memanggil Anda untuk hidup (Surat 8:24) dan panggilan untuk melayani kepentingan publik (Surat 3: 104).

Tujuan dari agama dan tradisi kenabian dari semua agama Ibrahimi adalah untuk memajukan peradaban dan meningkatkan standar keadilan dan kesetaraan dalam masyarakat kita. Dan, bersama mengejar apa yang bermanfaat dan mencegah apa yang berbahaya bagi manusia.

ISIS memaksa dan menghukum Muslim yang dituduh tidak melakukan syariat. Dalam Islam tidak ada paksaan menjalankan agama (Surat 2: 256).

Aku melihat video YouTube saat ekstremis Muslim mencambuk dua orang di pusat kota karena mereka tidak menghadiri salat Jumat. Ini adalah bentuk kepolisian agama. Nabi Muhammad pernah memperingatkan bahwa kita tidak bisa menggunakan agama untuk menyangkal hak-hak orang lain dan berlebihan dalam mendorong agama ke tengah masyarakat.

ISIS menyebar kekejaman. Islam menyebar rahmat (21: 107).

Nabi memberikan Quran sebagai rahmat bagi seluruh alam: dunia lingkungan atau dunia politik atau dunia yang membutuhkan atau dunia yang kurang beruntung. ISIS menyebar kekejaman. Pemenggalan orang Barat contoh perlakuan mereka terhadap semua orang. Ini adalah kejijikan.

ISIS mengeksekusi orang di bawah kekuasaan tangan besi mereka. Islam membangun supremasi hukum (16:90).

Seperti Yudaisme, hukum merupakan pusat iman, dan memerlukan interaksi manusia dengan kitab suci untuk mengembangkan dan hak aman berikut ini: kehidupan, pikiran, iman, properti dan keluarga. Mereka adalah lima tujuan dari hukum Islam, disepakati dengan suara bulat oleh semua ulama Islam. ISIS membatalkan prinsip penting dalam yurisprudensi dan mengeksekusi orang di bawah kekuasaan tangan besi mereka.

ISIS memusuhi orang lain dan menyebar intimidasi Islam melibatkan orang lain (16: 125).

Allah memerintahkan kita untuk mengundang orang lain dan bekerja sama dalam memperbaiki kondisi masyarakat. Dan, Dia mengingatkan kita untuk melakukan itu dengan cara yang konstruktif dengan hikmat. ISIS memusuhi orang lain dan menyebar intimidasi dan ketakutan. Mereka tidak peduli pendapat orang lain. ISIS hanya ingin menghancurkan semuanya dan menciptakan sebuah negara puritan berdasarkan interpretasi bengkok nya.

ISIS terkunci ke masa lalu. Islam mencari masa depan (28:83).

Masa depan adalah milik Allah, apakah itu mengacu pada Bani Israel dalam pembebasan mereka melawan Firaun atau para pengikut Yesus di tengah penderitaan mereka untuk melestarikan firman Allah, Injil. Allah memberi tahu kita untuk melihat ke depan dan bertahan dengan kesabaran selama tantangan saat ini. ISIS terkunci ke masa lalu. Hanya melihat dari sejarah yang mereka revisi. Hanya ingin kekuasaan tanpa tanggung jawab untuk melayani umat manusia.

ISIS didasarkan pada kebencian dan dendam. Islam adalah pemaaf dan tekun (16: 127).

Nabi Muhammad memperingatkan para pengikutnya tidak pernah membenci orang, tetapi menanggapi kejahatan berdasarkan kasih kepada Allah. Kesabaran dan ketekunan dapat menyediakan Muslim dengan bahan bakar untuk mengatasi penindasan tanpa menindas diri mereka sendiri. Terlalu banyak kali kita telah melihat revolusi di Timur Tengah menggantikan tiran dengan bentuk tirani lainnya. Oleh karena itu perlu untuk mundur dan terhubung dengan Tuhan adalah penting untuk menciptakan perubahan positif.

ISIS menanggapi kejahatan dengan kejahatan. Islam memukul mundur kejahatan dengan kebaikan sehingga mengubah musuh menjadi teman dekat Anda (41:34).

Tirani dan penaklukan merajalela di Timur Tengah. Respons Islam terbatas pada apa yang adil dan tidak menyimpang ke arah pelanggaran. Allah memperingatkan kita bahwa menghadapi kejahatan tidak mungkin dengan kejahatan. Sebaliknya, Al Quran menyerukan umat Islam untuk terlibat dalam perubahan  sosial bukan perubahan agama, mengubah rasa takut menjadi persahabatan, dari separatisme menjadi saling ketergantungan.

Nabi Muhammad, yang adalah seorang kepala negara dan nabi, membentuk masyarakat yang menjadi model untuk semua Muslim. Negara yang dinyatakan kudus, melindungi dan mengamankan semua anggota komunitasnya termasuk non-Muslim. Dia mengatakan bahwa orang-orang Yahudi adalah komunitas bersama umat Islam. Mereka memiliki agama mereka dan hak untuk mempraktikkan kebiasaan mereka dan hukum agama. Empat belas ratus tahun kemudian, kemajuan peradaban yang dibuat oleh Islam tetap idealis untuk semua umat Islam saat ini. Setidaknya, biarkan cita-cita ini dapat memadamkan racun dari ISIS.

Itulah pesan yang perlu disampaikan kepada umat Islam di seluruh dunia untuk mengisolasi ISIS dari Islam dan memberikan Islam sebagai penangkal distorsi ideologis ISIS dan ambisi yang merusak. Itulah substansi dalam melawan narasi ekstremisme kekerasan. Perlu kendaraan dan di situlah media, pemerintah dan masyarakat sipil dapat membantu.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home