Loading...
FOTO
Penulis: Sabar Subekti 14:39 WIB | Rabu, 21 Agustus 2013

Muslim dan Kristen Mesir Yang Bergandengan Tangan

Muslim dan Kristen Mesir Yang Bergandengan Tangan
Orang Kristen Mesir bergandengan tangan menjaga saudara Muslim mereka yang bersembahyang ketika aksi demonstrasi di Tahrir Square menetang pemerintahan Husni Mubarak, Februari 2011. (Foto dari uri.org)
Muslim dan Kristen Mesir Yang Bergandengan Tangan
Sejumlah Muslim membuat pagar melindungi gereja St George di Sohag Mesir. (Foto dari imgur.com)
Muslim dan Kristen Mesir Yang Bergandengan Tangan
Orang-orang Kristen membuat pagar manusia, ketika yang Muslim tengah sembahyang di Kairo. (Foto: istimewa)
Muslim dan Kristen Mesir Yang Bergandengan Tangan
Orang-orang Muslim sembahyang Jumat, sementara yang lain berjaga melindungi gereja St. George di Soha. (Foto dari patheos.com)
Muslim dan Kristen Mesir Yang Bergandengan Tangan
Pemimpin Gereja Koptik, Paus Tawadros II bersama Imam Besar Al Azhar, Ahmed El-Tayyeb, menyampaikan pernyataan bersama terkait keprihatinan atas serangan setarian di berbagai daerah di Mesir.

KAIRO, SATUHARAPAN.COM - Di tenga-tengah sentimen sektarian, orang-orang Muslim dan Kristen di sana juga bergandengan tangan saling melindungi dan membantu. Orang-orang Muslim juga mencegah massa yang beringas yang membakar dan merusak gereja, sekolah, panti asuhan, rumah dan fasilitas bisnis milik orang Kristen.

Meskipun upaya mereka tidak selalu behasil mencegak kekerasan, mereka telah berusaha. Dan banyak kalangan Kristen menyampaikan apresiasi dan rasa hormat atas upaya ini.

Di sisi lain, orang-orang Kristen juga bergandengan tangan membangun pagar manusia ketika sudara-saudara mereka yang Muslim tengah berdoa di sela-sela aksi demonstrasi menentang pemerintahan Mohammed Morsi yang digulingkan.

Muslim dan Kristen yang bergandengan tangan adalah wajah Mesir yang mereka impikan untuk hari depan negara itu. Sayangnya, wajah ini kurang mendapat perhatian dalam pemberitaan media massa.

Sejak revolusi Mesir Januari 2011, kekerasan sektarian merebak di negeri itu, terutama setelah pekan lalu polisi membubarkan massa pendukung Morsi yang berdemonstrasi menuntut pemulihan kekuasaan Morsi. Kekacauan yang terjadi menyebar dengan penyerangan yang dilatarbelakangi sentimen sektarian.

Berikut ini adalah foto-foto yang dihimpun satuharapan.com dari berbagai sumber yang memperlihatkan Muslim dan Kristen bergandengan tangan, saling melindungi dan menolong.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home