Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 10:42 WIB | Sabtu, 31 Oktober 2015

Musuh Bebuyutan Puji Angela Merkel dalam Tangani Pengungsi

Mantan Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis, disambut oleh pengagumnya ketika tiba di Istana Kepresidenan Yunani tatkala akan dilantik jadi menteri. Dulu ia adalah musuh bebuyutan Kanselir Jerman, Angela Merkel dalam perundingan dana talangan untuk negaranya yang dilanda krisis ekonomi. Tetapi dalam soal kebijakan menangani pengungsi, Yanis memuji Merkel dan menyebutnya sebagai teladan bagi Eropa. (Foto: Getty Images/ huffingtonpost.com)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Musuh bebuyutan Angela Merkel dalam perundingan bantuan ekonomi untuk Yunani, yakni mantan menteri keuangan Yanis Varoufakis, memuji  kanselir Jerman itu atas kebijakannya terkait pengungsi.

Varoufakis mengatakan bahwa aksinya berkaitan dengan krisis pengungsi dapat dijadikan panutan.

“Sebagai seorang warga Eropa, saya sangat bangga dengan tindakan yang diambil Kanselir Angela Merkel,” katanya, ketika ditanya mengenai arus kedatangan pencari suaka di Eropa.

“Saya harap semua orang di Eropa melakukan hal yang sama.”

Dia membandingkan sikap terbuka Merkel dengan negara-negara garis keras seperti Hongaria, yang memagari perbatasannya dengan Serbia dan Kroasia agar para imigran tetap berada di luar perbatasan.

“Bayangkan jika Merkel ingin melakukan apa yang Hongaria lakukan. Apa yang harus dia lakukan, mendirikan pagar dan kemudian mengizinkan polisi dan tentara untuk menembak jika seseorang berusaha memanjat ” tanyanya.

“TIdak, dia melakukan hal yang benar dan oleh karena itu dia layak dipuji… Dia bertindak seperti yang harus dilakukan semua orang di Eropa: dia tidak mencoba melempar masalah ke negara lain melainkan melihatnya sebagai masalah Eropa.”

Jerman telah menjadi tujuan utama bagi arus kedatangan banyak pengungsi yang menuju Eropa dan diperkirakan akan menerima hingga satu juta pemohon suaka pada tahun ini.(AFP/Ant)



BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home