Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:49 WIB | Kamis, 18 Desember 2014

NASA Temukan Senyawa Organik, Gas Metana di Mars

Curiousity dalam misi mencari tanda-tanda kehidupan di Planet Mars menemukan senyawa-senyawa organik yang diduga gas metana. (Foto: nasa.gov)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM - Kendaraan penjelajah Mars milik NASA, Curiosity, telah menemukan senyawa-senyawa yang mengandung karbon dalam sampel-sampel yang dibor dari batu prasejarah, deteksi definitif pertama dari senyawa-senyawa organik di permukaan planet tetangga Bumi tersebut.

Para ilmuwan NASA mengatakan kendaraan tersebut juga menemukan gas metana di atmosfer, bahan kimia yang di Bumi terkait kuat dengan kehidupan.

Studi-studi tambahan, yang mungkin di luar kemampuan kendaraan tersebut, diperlukan untuk menentukan apakah senyawa-senyawa organik dan/atau gas metana yang diproduksi dalam kehidupan sebelumnya atau sekarang di Mars atau apakah mereka berasal dari proses-proses geokimia.

"Kita telah memiliki penemuan besar. Kita telah menemukan bahan-bahan organik di Mars," ujar pemimpin tim ilmuwan Curiosity, John Grotzinger, dari California Institute of Technology di Pasadena, California, dalam konferensi pers di San Francisco pada Rabu, (17/12).

“Mengenai probabilitas hal-hal ini merupakan sumber-sumber kehidupan kita harus menghormati bahwa ada kemungkinan," ujarnya.(reuters.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home