Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 08:18 WIB | Jumat, 24 Februari 2017

Nasir Djamil Minta Ciptakan Suasana Tenang Pilkada Aceh

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Nasir Djamil. (Foto: Dok.satuharapan.com/Endang Saputra)

BANDA ACEH, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi III DPR M Nasir Djamil meminta agar semua pasangan calon gubernur/wakil gubernur, calon bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota di Provinsi Aceh untuk menciptakan suasana tenang.

“Kita serahkan kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) karena mereka yang diberikan hak oleh undang-undang untuk menyatakan siapa menang dan siapa yang terpilih menjadi kepala daerah, sedangkan kelompok-kelompok paslon tidak punya otoritas untuk itu," katanya di Banda Aceh, hari Kamis (23/2).

Pernyataan itu disampaikannya usai sosialisasi empat pilar MPR RI yang berlangsung di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Darussalam, Banda Aceh.

Anggota parlemen asal Aceh tersebut juga meminta paslon agar tidak mengumbar kemenangan terlebih dahulu sebelum adanya keputusan resmi dari lembaga berwenang KIP.

“Mari bersama-sama kita tunggu hasil resmi dari KIP,” kata dia.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut juga menyarankan kepada seluruh pasangan calon yang tidak puas dengan hasil PilkadaAceh serentak tahun 2017, masih punya satu kesempatan untuk menempuh jalur gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya berharap kalau ada penolakan yang dilakukan oleh paslon, kalau memang punya bukti dan fakta di lapangan, maka masih ada kesempatan yang berujung di MK, disanalah sengketa itu akan diuji apakah benar apa tidak," katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan Pilkada Aceh serentak 2017 sehingga berjalan lancar dan aman, tanpa adanya insiden.

“Pilkada berjalan lancar, meski tidak bisa dihindari masih adanya praktek-praktek non demokrasi, seperti adanya indikasi politik uang dan berbagai macam cara yang belum mampu diawasi dengan baik, tapi disisi lain partisipasi masyarkat sudah baik dalam hal mengikuti ajang demokrasi ini,” kata dia. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home