Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 20:11 WIB | Selasa, 24 Desember 2019

Natal di Betlehem Jadi Ajang Penyatuan Denominasi Kristen

Ucapan selamat natal ditulis di tembok yang memisahkan Israel dan Palestina. (Foto: dok. dari AP)

BETLEHEM, SATUHARAPAN.COM-Meskipun dalam ancaman dan tekanan konflik politik, orang-orang Kristen di Tanah Suci menggunakan suasana Natal sebagai kesempatan untuk mempromosikan persatuan di antara berbagai denominasi mereka.

Jumlah umat Kristen di Israel sekarang kurang dari dua persen dari total sekitar 11 juta penduduk Israel dan Tepi Barat. Ini adalah angka demografis berada pada titik terendah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Di tengah krisis itu, gereja-gereja lokal fokus untuk membina persatuan antar umat Kristen dalam perayaan Natal tahun ini.

Saher Kawas, seorang Kristen Palestina dari Betlehem, mengatakan kepada media Arab Saudi,  Al Arabiya, bahwa salah satu peristiwa paling ditunggu-tunggu di musim ini adalah prosesi interdenominasi di Bethlehem, tempat kelahiran Yesus.

“Prosesi Natal ini mengumpulkan orang-orang Kristen dari semua denominasi. Ini adalah kesaksian bahwa terlepas dari semua perbedaan dan perselisihan denominasi, Kristus selalu menyatukan mereka dan mengingatkan mereka bahwa mereka adalah orang Kristen pertama,” kata Kawas, yang bekerja di keuskupan Katolik Roma di Yerusalem.

Sementara Loubna Tams, seorang Katolik Roma yang lahir dan besar di Yerusalem, mengatakan bahwa perayaan setempat menjaga "tradisi Natal sejati tetap hidup" dan bahwa merupakan hak istimewa untuk menjadi bagian dari komunitas Kristen asli "yang sayangnya semakin kecil setiap tahunnya."

“Kami semakin dekat satu sama lain dan ada keinginan nyata dari semua orang untuk menunjukkan solidaritas dan untuk menjaga sejarah dan identitas kami berlabuh di tanah ini untuk waktu yang lama,” kata Tams.

Eksodus massal

Mayoritas komunitas Kristen adalah orang Arab Palestina asli yang telah mendiami Tanah Suci selama berabad-abad, dengan beberapa mengklaim keturunan dari gereja Kristen awal. Tetapi sekarang masyarakat mengalami eksodus massal.

Pada tahun 1914, umat Kristen merupakan 10 persen dari populasi di Palestina. Satu abad kemudian, pada tahun 2014, umat Kristen Palestina telah menyusut menjadi kurang dari dua persen dari populasi di Israel dan Tepi Barat dan Gaza.

Alasan utama untuk emigrasi Kristen Palestina modern termasuk oleh beberapa perang, ketidakstabilan politik yang berkelanjutan, kesulitan ekonomi, radikalisasi agama di antara kelompok Muslim dan Yahudi, dan Palestina menjadi pengungsi setelah pembentukan negara Israel pada tahun 1948, menurut Dr. Salim Munayer, seorang Kristen Palestina yang mendirikan Musalaha, sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan rekonsiliasi antara Palestina dan Israel.

Munayer mengatakan persatuan di antara orang-orang Kristen Palestina sangat penting dalam menghadapi tantangan seperti penurunan populasi dan pendudukan militer oleh pemerintah Israel, yang mencakup penghalang pemisah di sekitar Betlehem.

“Bangunan tembok memisahkan orang-orang Kristen di Betlehem dari orang-orang Kristen di Yerusalem. Ini memiliki konsekuensi besar pada gereja-gereja dan lembaga-lembaga Kristen, hubungan keluarga, dan kemampuan untuk berpartisipasi dalam upacara keagamaan,” kata Munayer.

Upaya Penyatuan

Peristiwa Natal di Betlehem bertujuan untuk memperbaiki kesenjangan fisik ini, menyatukan para orang percaya dari semua denominasi dari sekitar Tanah Suci.

Munayer, dikutip Al Arabiya, mengatakan bahwa kehadiran terus-menerus orang-orang Kristen di Betlehem dan perayaan Natal memberikan "kesaksian universal" pada kebenaran historis dari peristiwa-peristiwa dalam kehidupan Kristus, termasuk kelahiran di Betlehem.

"Terlepas dari dua ribu tahun penganiayaan, perang, kerusuhan, kesulitan ekonomi dan tantangan lainnya, masih ada komunitas Kristen yang bersemangat di Betlehem," katanya.

Lyn Elias, salah satu dari sekitar 11.000 orang Kristen yang tinggal di Betlehem, mengatakan bahwa merayakan Natal di Tanah Suci adalah "berkah sejati" terlepas dari keterbatasan dan tantangan yang dihadapi oleh kelompok minoritas agama.

“Kami memiliki misi untuk mencerminkan iman kami dengan hidup sepenuhnya di tanah yang tertindas ini. Saya pikir berada di sini memberi harapan kepada seluruh dunia,” kata Elias dalam sebuah wawancara.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home