Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 15:06 WIB | Rabu, 07 Juni 2017

Negara Bagian dan Kota AS Tetap Junjung Kesepakatan Paris

Ilustrasi: Aktivis lingkungan memprotes Presiden Trump di luar gedung perundingan iklim di Maroko, November 2016. Perusahaan-perusahaan dan investor, termasuk dari Amerika Serikat, meminta Donald Trump menjunjung tinggi pakta iklim Paris yang disetujui 196 negara. (Foto: Dok satuharapan.com/bbc.com)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Satu kelompok yang terdiri atas sembilan gubernur negara bagian dan 120 wali kota di Amerika Serikat (AS) telah menyerahkan pernyataan kepada PBB yang menjanjikan dukungan bagi kesepakatan iklim Paris. Sejumlah 900 warga negara AS termasuk para pemimpin usaha juga menyokong deklarasi yang dinamakan "Kami Masih Ikut" yang diserahkan pada hari Senin (5/6).

Upaya itu, seperti diberitakan nhk.or.jp, dipimpin oleh mantan Wali Kota New York dan utusan khusus Sekretaris Jenderal PBB bagi kota-kota dan perubahan iklim, Michael Bloomberg. Ia menyerukan pemerintahan daerah dan para pemimpin masyarakat untuk tetap berkomitmen pada Kesepakatan Paris.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan, hampir 60 persen warga negara AS menentang keputusan Presiden Donald Trump untuk mundur dari kesepakatan itu. Pernyataan itu mengatakan bahwa dalam situasi tidak adanya kepemimpinan dari Washington, maka mereka yang mewakili bagian yang lebih besar dari perekonomian AS akan berupaya untuk memastikan bahwa AS tetap menjadi pemimpin global dalam mengurangi emisi.

Seorang pejabat Konvensi Kerangka Kerja PBB atas Perubahan Iklim mengatakan, badan tersebut menyambut baik tekad dan komitmen di AS untuk menyokong kesepakatan tersebut.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home