Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 20:18 WIB | Rabu, 03 Oktober 2018

Nelayan Belitung Dapat Hibah 10 Mesin Pengering Ikan

Ilustrasi. Nelayan menjemur ikan yang akan dikeringkan dengan mengandalkan sinar panas matahari. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Jepang memberikan bantua mesin pengering ikan asin untuk para nelayan di Belitung, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Rabu (3/10).

Acara serah terima mesin pengering ikan sebagai bantuan hibah dari Pemerintah Jepang itu dilaksanakan di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Acara serah terima itu dihadiri oleh Sekretaris Kedua Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Kazuho Yoshida, Kepala Sub Direktorat Pengawasan Orang asing dan Lembaga Asing Kementerian Dalam Negeri RI Masykur, Bupati Belitung Sahani Saleh, dan Ketua Karya Muda Belitung (KMB) Suryandaru.

Pengadaan mesin pengering ikan tersebut dilaksanakan melalui proyek Aplikasi Teknologi Pengeringan Ikan Asin untuk Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Nelayan Kecil di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Proyek itu merupakan bagian dari bantuan hibah grassroots dari pemerintah Jepang senilai 717 juta rupiah dan telah ditandatangani Pemerintah Jepang dan Ketua Karya Muda Belitung (KMB) pada Maret 2018.

Di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, 50 persen dari jumlah tangkapan ikan dijadikan produk olahan untuk dijual di pasar. Namun, keadaan cuaca seringkali mengakibatkan ketidakstabilan industri pengelolahan ikan sehingga menyulitkan para nelayan kecil.

Melalui proyek itu, untuk meningkatkan taraf hidup nelayan kecil di Belitung, Jepang memberikan 10 mesin pengering ikan, yakni lima mesin besar dan lima mesin kecil, di enam desa di Kecamatan Sijuk.

Bantuan itu diharapkan dapat meningkatkan kehidupan nelayan kecil di Belitung sehinga perindustrian ikan dan industri terkait di Belitung akan semakin berkembang. (Antara)

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home