Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 17:45 WIB | Rabu, 08 Februari 2017

Neraca Pembayaran RI Catat Surplus US$ 12 Miliar

Kegiatan bongkar muat di pelabuhan (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Rabu, mengumumkan neraca pembayaran Indonesia sepanjang 2016 berbalik menjadi surplus 12 miliar dolar AS setelah pada 2015 defisit 1,1 miliar dolar AS.

"Didukung kuatnya dana dari neraca transaksi modal dan finansial," kata Agus di Mandiri Investment Forum 2017 di Jakarta, Rabu.

Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) merupakan indikator kegiatan transaksi ekonomi antara penduduk Indonesia dengan penduduk mancanegara. Transaksi NPI merekam data-data transaksi berjalan, transaksi modal, dan transaksi finansial masyarakat Indonesia.

Tren berlanjutnya surplus neraca perdagangan, dan dana repatriasi amnesti pajak menjadi beberapa faktor penyumbang surplus NPI.

Untuk neraca transaksi berjalan yang merekam transaksi perdagangan dan jasa, kata Agus, pada kuartal IV 2016 telah mencetak rekor penurunan drastis yakni menjadi defisit 0,8 persen dari Produk Domestik Bruto. Jika diakumulasikan sepanjang 2016, defisit transaksi berjalan sebesar 1,8 persen dari PDB.

"Kuartal IV defisit transaksi berjalan mencatat rekor karena turun ke 0.8 persen. Jadi sepanjag tahun 1.8 persen dari PDB," ujarnya.

Secara lengkap, BI akan mengumumkan posisi NPI per akhir 2016 pada Jumat (10/2).

Dalam paparannya di forum investasi tersebut, Agus menjelaskan Indonesia pada 2017 akan memasuki fase pemulihan ekonomi setelah pada 2016 masih dibayangi pelemahan ekonomi karena ketidakpastian ekonomi global.

Agus mengatakan faktor yang akan menopang pemulihan ekonomi adalah membaiknya harga komoditi, menggeliatnya investasi swasta dan perbaikan kinerja korporasi BUMN dan swasta.

Namun, kata Agus, masih terdapat beberapa tekanan global dan domestik yang perlu dicermati seperti ketidakpastian dari kebijakan The Federal Reserve Amerika Serikat serta dinamika politik negara-negara maju, serta tekanan inflasi dari dalam negeri.

BI masih melihat ekonomi Indonesia akan tumbuh di rentang 5-5,4 persen pada 2017.

Sebagai gambaran, neraca pembayaran hanya tercatat defisit pada kuartal I-2016, yakni sebesar 300 juta dolar AS. Lubang defisit itu dikarenakan imbas negatif yang sangat besar dari perlambatan ekonomi global di 2015.

Di kuartal II-2016, neraca pembayaran telah surplus sebesar 2,2 miliar dolar AS, dan selanjutnya pada kuartal III-2016, neraca pembayaran berlebih 5,5 miliar dolar AS.(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home