Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:07 WIB | Jumat, 30 Januari 2015

NIIS Membom Tembok Kuno Ninewe

Tembok kota Ninewe, peninggalan penting peradaban kuno Irak. (Foto dari AINA)

MOSUL, SATUHARAPAN.COM - Jihadis kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS) kembali membom situs bersejarah di Nineveh, termasuk menghancurkan sisa-sisa dinding kuno di kota Mosul, Irak bagian utara. Demikian sumber khusus melaporkan seperti dikutip Assyirian Intrenational News Agency (AINA).

Seorang sejarawan yang tinggal di Mosul, kota terbesar kedua di Irak, mengatakanbahwa militan NIIS pada hari Selasa (27/1) malam menghancur tembok kota yang bersejarah yang terletak di kawasan Tahrir di Mosul.

NIIS menggunakan sejumlah besar bahan peledak,  dan 'Takfiri' (sebutan mereka untuk kelompok teroris dari Islam Sunni) menghancurkan bagian dinding yang dianggap sebagai monumen sejarah.

Tembok itu  merupakan peninggalan yang paling penting dari provinsi itu dan seluruh wilayah, berkaitan dengan peradaban raja-raja Asyur pada abad kedelapan Sebelum Masehi.

Sejak awal serangan  pada bulan Juni 2014, Jihadis DAESH, akronim dalam bahasa Arab untuk NIIS, telah menghancurkan banyak situs arkeologi, situs sejarah dan keagamaan di Mosul.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home