Loading...
BUDAYA
Penulis: Prasasta Widiadi 13:51 WIB | Jumat, 21 Oktober 2016

Nintendo Luncurkan Konsol Permainan Terbaru

Permainan konsol terbaru Nintendo. (Foto: bbc.co.uk)

SATUHARAPAN.COM – Perusahaan raksasa teknologi permainan dunia asal Jepang, Nintendo, mengungkapkan saat ini merilis permainan konsol terbarunya yang berbentuk genggam, dan dapat berfungsi sebagai konsol untuk dimainkan di rumah.

Seperti diberitakan bbc.co.uk, hari Kamis (20/10), sebelumnya konsol diberi nama kode NX, sekarang bernama Nintendo Switch, sebuah perangkat seperti komputer tablet dengan kontroler yang menempel pada sisi-sisinya. Perangkat itu dipamerkan dalam video promosi berdurasi pendek yang diposting di YouTube.

Seorang analis dari Ovum, Paul Jackson, memprediksi perangkat permainan bisa menggantikan wujud terakhir Nintendo yang menjual konsol bentuk rumahan, Wii. “Wii adalah sebuah produk yang gagal,” kata Jackson.  

“Nintendo generasi sebelumnya banyak membingungkan bagi banyak orang, terkait dengan alat kendali dan apa tersaji di layar permainan,” kata Jackson.

Permainan konsol menurut Wikipedia, adalah permainan video yang dimainkan pada konsol permainan, dan bukan pada komputer pribadi, maupun mesin ding-dong. Konsol permainan ini biasanya terhubung pada televisi dan menghasilkan gambar serta suara.

"Akibatnya, itu dijual sekitar sepersepuluh dari apa yang menjual Wii asli,” kata Jackson.

Wii U ketinggalan zaman karena kalah dari pendatang lain dalam dunia permainan, antara lain Sony PS4 dan Microsoft Xbox One, meskipun Nintendo telah menikmati kesuksesan dengan perangkat 3DS genggam.

Permainan interaktif terbaru dari Nintendo memungkinkan seseorang memainkan game dengan duduk di dermaga atau duduk di depan televisi atau menggunakan bersamaan dengan perangkat portabel yang berdiri sendiri.

Pemain yang memainkan Nintendo Swith akan menggunakan kartu data (cartridge) seperti yang terdapat dalam Nintendo tua.

Jackson mengatakan tidak mengherankan perangkat baru sedikit lebih baik dari berbentuk konsol dan handheld.

“Dua dari konsol yang paling sukses yang pernah ada adalah perangkat portabel Nintendo baik Gameboy dan DS masing-masing terjual lebih dari 100 juta unit,” kata Jackson.

Nintendo telah mengumumkan bahwa game terkemuka studio dan penerbit seperti Activision, Bethesda, EA Games, Sega, Ubisoft dan Warner Brothers, telah mendaftar untuk menghasilkan perangkat lunak.

Namun, Jackson mengatakan Nintendo akan membutuhkan banyak permainan agar konsol dinikmati. 

“Di sisi perangkat lunak, mereka membutuhkan  permainan yang terkenal seperti Mario, Zelda, Metroid di depan dan tengah, terutama untuk Nintendo Switch,” kata Jackson.

“Di masa lalu mereka melakukan kesalahan karena saat melakukan peluncuran sangat buruk. Jika Anda memiliki perusahaan yang melakukan peluncuran dengan buruk, ibaratnya Anda berada di padang gurun selama beberapa tahun,” kata Jackson.

Nintendo mengumumkan salah satu judul permainan yang sangat terkenal “Legend of Zelda: Breath of the Wild” akan dimasukkan dalam Nintendo Switch.

Saat ini Nintendo belum mengungkapkan spesifikasi teknis dari perangkat Switch yang rencananya akan dirilis Maret 2017. (bbc.co.uk/wikipedia.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home