Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 11:50 WIB | Minggu, 09 Agustus 2015

NU Tak Campuri Urusan Politik Organisasi Papua Merdeka

Sekelompok mahasiswa asal Papua melakukan unjuk rasa menuntut kemerdekaan Papua di Jawa Timur, pada 2 Desember 2013 (Foto: Dok. satuharapan.com)

JOMBANG, SATUHARAPAN.COM – Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Papua, Toni Wanggai mengatakan pihaknya tidak ikut campur dalam urusan politik Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“NU tidak campur ke sana (urusan politik OPM),” kata Toni saat ditemui satuharapan.com, di Masjid Agung Jombang, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, Rabu (5/8).

Dia mengungkapkan, NU tetap merangkul para anggota OPM agar senantiasa membangun kerukunan dan menjaga nilai-nilai kemanusiaan. Sebab, anggota OPM adalah umat yang harus diberi pemahaman, keadilan, dan kesadaran.

“Mereka adalah umat beragama, bagaimanapun kita tetap harus bisa bangun kerukunan yang baik dengan menyampaikan nilai kemanusiaan, kita tak campuri urusan politik,” ujar Toni.

“Mereka (OPM) adalah umat yang harus diberi pemahaman, keadilan, kesadaran, nilai kebaikan dan keadilan dan sebagainya,” dia menambahkan.

Sebab, kata dia, NU senantiasa menganut konsep ukhuwah basyariyah dan ukhuwah insaniah. Sehingga, meskipun secara pandangan politik berbeda dengan OPM, akan selalu menjaga persaudaraan. “Mungkin berbeda secara ideologi politik, tapi kita adalah NU, umat manusia ukhuwah basyariyah dan ukhuwah insaniah,” tutur Toni.

“Mereka adalah saudara kita,” dia menegaskan.

Editor : Bayu Probo