Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 20:13 WIB | Kamis, 18 Desember 2014

Nurhayati: Mahabarata Tunjukkan Kesukesan Diplomasi India

Serial Mahabarata. (Foto: istimewa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Nurhayati Ali Assegaf mengatakan antusias masyarakat Indonesia menyaksikan serial Mahabarata di layar televisi menunjukan kesuksesan diplomasi yang dilakakuan India terhadap Indonesia.

Menurut dia, hal tersebut membuka peluang Indonesia untuk melakukan soft power diplomacy lewat kebudayaan dengan India.

"DPR khususnya BKSAP melihat serial Mahabarata mendapat tanggapan positif di Indonesia, artinya diplomasi India sukses di Indonesia,” kata Nurhayati saat ditemui di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/12).

“Hal itu semakin terlihat ketika saya berada di daerah pemilihan beberapa waktu lalu, masyarakat sepi sekali karena mereka lebih memilih menyaksikan serial Mahabarata," kata dia.

Menurut Nurhayati hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan diplomasi budaya atau kerjasama antar kedua negara. "Dengan banyaknya masyarakat yang mengikuti pemutaran film menjadikan diplomasi budaya India yang sangat hebat. Hadirnya Mahabarata ke Indonesia akan semakin mempererat kerjasama Indonesia ke India dalam bidang budaya," kata dia.

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, strategi budaya India melalui film pun dapat ditiru oleh Indonesia. Apalagi Indonesia kaya akan kebudayaan daerah yang dapat dikembangkan.

"Kita dapat terinspirasi untuk melakukan soft power diplomacy di bidang kebudayaan. Dalam pop culture selain India ada Amerika yang layak kita tiru dalam diplomasi budaya," ujar dia.

Nurhayati juga menyebutkan beberapa film Indonesia yang layak go international seperti Tujuh Manusia Harimau yang diangkat dari budaya minang, dan banyak lainnya. “Musik dangdut juga sudah go international, bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah melancarkan diplomasi budaya ini,” ujar dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home