Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:58 WIB | Rabu, 10 Februari 2016

Obama, Abe dan Park Dukung Resolusi PBB terhadap Korut

Seorang tentara Korea Selatan menonton laporan berita peluncuran roket di Korea Utara. (Foto: Yonhap Agence France-Presse - Getty Images)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Presiden Barack Obama berbicara kepada dua sekutunya di Asia pada hari Senin malam (8/7) untuk mendapatkan dukungan mengenai pengambilan tindakan tegas terhadap Korea Utara, dalam menanggapi uji coba penembakan rudal dan nuklir mereka baru-baru ini.

Gedung Putih mengatakan bahwa Obama sudah berbicara kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye untuk mempertimbangkan langkah baru, termasuk resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang akan menetapkan sanksi baru.

Abe, Obama dan Park telah menyetujui tentang perlunya “respons internasional yang kuat dan bersatu terhadap provokasi Korea Utara, termasuk melalui Resolusi Dewan Keamanan PBB,” menurut Gedung Putih.

Dewan Keamanan mengecam peluncuran roket Korea Utara pada hari Minggu dan telah sepakat untuk secepatnya memberlakukan sanksi baru yang akan menghukum Pyongyang atas “pelanggaran serius dan berbahaya ini. “

Peluncuran tersebut dilakukan beberapa pekan setelah Pyongyang melakukan uji nuklir mereka yang keempat.

Sementara Beijing dari sebelumnya menolak untuk mendukung sanksi multilateral terhadap Korea Utara, karena khawatir bisa mengacaukan stabilitas rezim di perbatasan Tiongkok.

Gedung Putih menambahkan bahwa pihaknya akan memberlakukan sanksi sepihak jika diperlukan, namun mengakui bahwa ruang untuk menghukum sebuah negara yang sudah mendapatkan sanksi itu terbatas.

Militer AS juga mengatakan akan mengirim sistem pertahanan rudal yang sangat canggih ke Korea Selatan secepatnya. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home