Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 11:24 WIB | Rabu, 27 Desember 2017

Obat Anti-HIV Mungkin Efektif Bagi Osteoporosis

Ilustrasi. Tulang manusia terserang osteoporosis karena obesitas. (Sumber: Dok satuharapan.com/bbc.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Peneliti di Universitas Ehime, Jepang, menyatakan telah menemukan bahwa sebuah obat pencegah HIV juga efektif untuk menekan aktivitas seluler pengeroposan tulang. Hal ini memberikan harapan bagi perawatan penyakit osteoporosis.

Kelompok peneliti di Pusat Sains Proteo di universitas tersebut, termasuk Profesor Madya Lee Ji-Won dan Profesor Tadahiro Iimura, membuat pengumuman tersebut pada hari Selasa (26/12/2017), seperti diberitakan nhk.or.jp.

Obat itu digunakan pada pasien yang terinfeksi HIV untuk menekan aktivitas protein limfosit, yang disebut CCR5, yang menjadi medium bagi virus. Perkembangan infeksi kemudian melambat, sehingga pasien bisa hidup lebih lama.

Kelompok peneliti tersebut mempelajari bagaimana obat untuk perawatan HIV ini mempengaruhi tubuh manusia, dan menemukan bahwa obat ini juga dapat menekan aktivitas seluler pengeroposan tulang.

Para peneliti itu optimistis jika mereka berhasil melanjutkan penelitian lebih jauh lagi, obat itu mungkin bisa diaplikasikan juga bagi perawatan penyakit osteoporosis yang umumnya menjangkiti orang tua.

Hasil penelitian itu dimuat di majalah sains Inggris, Nature Communications, edisi 20 Desember.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home