Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:48 WIB | Senin, 10 September 2018

Objek Wisata Cengkih Berumur 400 Tahun Makin Diminati Wisatawan

Ilustrasi. Objek wisata Cengkih Afo di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut). (Foto: sultra.antaranews.com)

TERNATE, SATUHARAPAN.COM – Objek wisata Cengkih Afo di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) semakin diminati wisatawan, tercermin dari banyaknya wisatawan dari dalam dan luar negeri yang berkunjung ke objek wisata itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Ternate, Samin Marsaoly di Ternate, Senin (10/9), mengatakan sesuai informasi dari pengelola objek wisata Cengkih Afo sampai awal September 2018 ini sudah lebih dari 10.000 wisatawan yang berkunjung ke tempat itu.

Daya tarik utama objek wisata yang terletak di Kelurahan Marikurubu, Kecamatan Ternate Tengah atau sekitar 4 Km dari pusat kota Ternate itu adalah adanya pohon cengkih tertua di dunia yakni berusia lebih dari 400 tahun yang dikenal dengan nama Cengkih Afo.

“Informasi mengenai keberadaan Cengkih Afo itu, sudah menyebar luas di dalam dan luar negeri, sehingga banyak wisatawan yang tertarik datang ke Ternate karena ingin melihatnya secara langsung," katanya.

Daya tarik lain yang dimiliki objek wisata Cengkih Afo yang dikembangkan melalui pola pemberdayaan masyarakat adalah suasana Ternate pada masa lampau yang ditampilkan di objek wisata itu.

Fasilitas yang ada di objek wisata Cengkih Afo, kata Samin Marsaoly semuanya dibangun menggunakan bahan lokal, khususnya bambu cina, yang merupakan jenis bambu khas daerah itu.

Kuliner yang disajikan di objek wisata itu, juga proses memasaknya dan menyajikan juga menggunakan peralatan tradisional, gelas untuk minuman dan piring untuk makan misalnya dari bahan tempurung seperti yang dipakai masyarakat Ternate zaman dulu.

Ia menambahkan, panorama di objek wisata Cengkih Afo yang berada di daerah ketinggian itu juga sangat indah, karena selain bisa melihat hamparan perkebunan cengkih dan pala, juga laut biru dan pulau-pulau sekitar Ternate, Pulau Tidore dan Pulau Halmahera.

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Cengkih Afo, setelah puas menikmati objek wisata itu dapat melanjutkan perjalanan melihat berbagai objek wisata lainnya di Ternate, seperti Kedaton Kesultanan Ternate, benteng peninggalan kolonial dan sejumlah objek wisata pantai, di antaranya Pantai Sulamadaha dan Danau Tolire. (Antaranews.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home