Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 18:05 WIB | Rabu, 27 April 2016

Ombudsman RI: Praktik Percaloan Peradilan Masih Banyak

Ombudsman RI: Praktik Percaloan Peradilan Masih Banyak
Wakil Ketua Ombudsman Republik Indonesia Lely Pelitasari (tengah) didampingi oleh Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala (ketiga kanan), Ninik Rahayu (kedua kiri), Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin (kiri), Kepala Badan Pengawasan MA Sunarto (kedua kanan) dan Komisioner Komisi Yudisial Farid Wajdi (kanan) saat bertemu membahas hasil investigasi yang dilakukan oleh Ombudsman dalam praktik percaloan di peradilan yang digelar di gedung Ombudsman Republik Indonesia Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (27/4) (Foto-foto: Dedy Istanto).
Ombudsman RI: Praktik Percaloan Peradilan Masih Banyak
Kepala Badan Pengawas MA Sunarto (kiri) saat memberikan tanggapan hasil investigasi yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia terkait dengan praktik percaloan di peradilan.
Ombudsman RI: Praktik Percaloan Peradilan Masih Banyak
(Ki-Ka) Farid Wajdi Komisioner KY, Ketua Kamar Pengawasan MA Syarifuddin, Komisioner Ombudsman Ninik Rahayu (kedua kanan) dan Ketua Badan Pengawas MA Sunarto (kanan) saat menunjukkan laporan hasil investigasi yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia tentang praktik percaloan di lembaga peradilan.
Ombudsman RI: Praktik Percaloan Peradilan Masih Banyak
Ketua Badan Pengawas MA Sunarto (tengah) saat memberikan pandangannya terkait dengan hasil investigasi yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia terkait percaloan di lembaga peradilan Indonesia.
Ombudsman RI: Praktik Percaloan Peradilan Masih Banyak
Pertemuan antara Ombudsman Republik Indonesia dengan sejumlah pemimpin Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial dalam rangka memberikan paparan hasil investigasi yang dilakukan oleh Ombudsman terkait percaloan peradilan di Indonesia.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Negara Pengawas Layanan Publik Ombudsman Republik Indonesia menilai praktik percaloan lembaga peradilan di Indonesia mengkhawatirkan. Hasil investigasi yang dilakukan oleh Ombudsman memperlihatkan masih adanya tenaga peradilan yang meminta uang jasa percaloan kepada para pencari keadilan yang jumlah nominalnya mencapai jutaan Rupiah.

“Praktik percaloan menjadi salah satu temuan terbanyak dari hasil investigasi yang dilakukan. Nominal uang yang diminta untuk janji pemenangan perkara masih sangat banyak dengan jumlah mencapai jutaan rupiah,” kata Ninik Rahayu, Komisioner Ombudsman saat menggelar pertemuan bersama Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung Syarifuddin, Kepala Badan Pengawas Mahkamah Agung Sunarto, Komisioner Komisi Yudisial Farid Wajdi, serta Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari, dan Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala di gedung Ombudsman Republik Indonesia Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, hari Rabu (27/4).

Hasil temuan investigasi yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia akan diserahkan langsung oleh pemimpin Mahkamah Konstitusi untuk ditindaklanjuti sebagai bagian dari saran dalam meningkatkan pelayanan publik di pengadilan. Penyerahan laporan diberikan kepada pemimpin Mahkamah Agung yang dilakukan oleh Wakil Ketua Ombudsman Republik Indonesia Lely Pelitasari.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home