Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 14:44 WIB | Senin, 03 Juni 2019

Open Call Nginguk Githok #2

Ilustrasi. Poster open call Nginguk Githok #2. (Foto: Adin Hysteria)

REMBANG, SATUHARAPAN.COM – Setelah sukses dalam penyelenggaraan Nginguk Githok #1 tahun lalu, SKRM Squad bersama segenap warga Desa Sekararum Kecamatan Sumber-Rembang, dan ruang kolektif Hysteria Semarang, menggelar Nginguk Githok #2. Untuk keperluan tersebut panitia kolektif membuka pendaftaran (open call) bagi seluruh elemen masyarakat untuk terlibat aktif dalam Nginguk Githok #2.

Dalam keterangan tertulis yang diterima satuharapan.com, salah satu insiator Hysteria yang terlibat dalam kepanitiaan bersama Ahmad Salahadin atau biasa dipanggil Adin Mbuh menyampaikan bahwa Nginguk Githok #2 yang mengangkat tajuk Puter Giling akan dihelat pada 6-11 Juli 2019.

Adin menjelaskan bahwa Puter Giling merujuk pada sprirt ajaran yang pernah berkembang di masyarakat berupa ajaran pengasihan Puter Giling sebagai salah satu solusi untuk mengembalikan rasa cinta. Ritual puter giling dilakukan secara kultural untuk memikat kembali para rantau pulang keharibaan kampung atau kota yang melahirkannya sebetapa pahit beban masa lalu jika pun ada, untuk sekadar 'tilik', menjenguk, memberi kontribusi paling mungkin, dan terpenting menyemai kembali rasa cinta dan memiliki terhadap aset kultural kampung.

“Dalam Nginguk Githok #2 panitia membuka kesempatan bagi seniman, akademisi, periset, tata kampung/kota, dan siapa pun yang tertarik untuk berkontribusi dalam acara tersebut yang akan berlangsung di lima titik lokasi yakni Sekararum Cultural Center, Pundhung Gedhe, Duwetan, Pundhen Bulu, dan Joglo SKRM,” jelas Adin kepada satuharapan.com, Minggu (2/6) siang.

Pilihan keterlibatan meliputi: 1). Workshop dan diskusi, di mana partisipan memberikan workshop, diskusi, atau forum berbagi di kampung, jenisnya bergantung pada latar belakang dan cocok tidaknya nanti bisa dikomunikasikan dengan panitia. Workshop bisa berlanjut pada showcase, berupa pameran atau pertunjukan jika dimungkinkan. 2). Showcase, dengan memajang karya (art work), pementasan dalam pertunjukan (performing art).

Panitia bersama warga memfasilitasi tempat menginap dan konsumsi, untuk kebutuhan teknis yang akan didiskusikan terpisah. Kampung siap menerima partisipan sejak 30 Juni - 11 Juli 2019.

Puncak acara jatuh tanggal 11 Juli, saat ini agenda kampung berupa: aneka lomba warga, tayub/ledek/ ronggeng di pundhen untuk danyang dan doa bersama, pertunjukan kethoprak sehari semalam lakon asal-usul nama-nama kampung.

Secara umum syarat partisipan meliputi motivation letter, atau alasan mengapa ingin terlibat (kurang lebih satu halaman A4), pas foto, gaya bebas (untuk personal), foto kelompok/logo kolektif (komunal), portofolio/CV, konsep (jika ada ingin menawarkan konsep kegiatan, 1 halaman), serta dokumen pendukung lainnya.

Open call Nginguk Githok #2 dibuka paling lambat 17 Juni 2019. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Galih (+6281226278726) dan Bombom (+628816920065) atau bisa menyampaikan surat elektronik ke hysteriakita59@gmail.com.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home