Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:08 WIB | Selasa, 30 September 2014

Operator Fukushima Buat Kerja Sama dengan Sellafield

Reaktor nuklir Fukushima Jepang. (Foto: fukushimaupdate.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Operator pembangkit nuklir Fukushima Jepang pada Selasa (30/9) mengumumkan bahwa pihaknya sepakat untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menonaktifkan reaktor nuklir yang rusak dengan Sellafield Inggris.

Tokyo Electric Power Co (TEPCO) berjuang keras membersihkan pembangkit nuklirnya yang lumpuh, khususnya untuk secara aman menyimpan air radioaktif yang digunakan untuk mendinginkan reaktor, beberapa tahun sejak bencana gempa hingga tsunami yang menyebabkan pembangkitnya hancur.

Sellafield, di bagian utara Inggris, merupakan tempat terjadinya kebakaran pada 1957 yang menyebabkan bocornya radioaktif, dan perusahaan tersebut sejak saat itu membangun keahlian dalam menonaktifkan reaktor nuklir.

Kedua perusahaan itu akan mendapat keuntungan dari pengalaman lain dalam upaya pembersihan setelah bencana nuklir, menurut seorang juru bicara di perusahaan Tokyo itu.

“Ini merupakan perjanjian pertama antara TEPCO dan perusahaan asing yang juga terlibat dalam upaya menonaktifkan reaktor nuklir,” ungkapnya.

“TEPCO berharap dapat belajar sebanyak mungkin dari keahlian Sellafield.” (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home