Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 01:30 WIB | Senin, 25 November 2019

Orang Kristen Jepang Dipaksa Menginjak-injak Kristus

Orang Kristen Jepang Dipaksa Menginjak-injak Kristus
Lukisan seorang pria menginjak fumie, diawasi dengan cermat oleh para pejabat. (Foto-foto: NATIONAAL MUSEUM VAN WERELDCULTUREN/bbc.com)
Orang Kristen Jepang Dipaksa Menginjak-injak Kristus
Fumie. (Foto: bbc.com)
Orang Kristen Jepang Dipaksa Menginjak-injak Kristus
Lukisan orang-orang Kristen digantung terbalik di lubang-lubang yang penuh dengan kotoran.
Orang Kristen Jepang Dipaksa Menginjak-injak Kristus
Lukisan misionaris Yesuit Nagasaki dipenggal pada tahun 1622.

NAGASAKI, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus pada Minggu (24/11) mengunjungi salah satu tempat paling suci bagi umat Kristen di Jepang, Monument of the Martyrs of Nagasaki di Bukit Nishizaka, Nagasaki.

Di sinilah Yesuit Jepang pertama, St. Paul Miki dan 25 orang Kristen lainnya menjadi martir dan disalibkan pada tahun 1596.

Fumie

Seorang pria menunggu dengan gelisah untuk dipanggil. Ketika dia mendengar namanya, dia melangkah maju, diawasi dengan ketat oleh pejabat lokal dan pemerintah dari ibu kota, yang diundang secara khusus untuk acara tersebut.

Di depan pria itu ada gambar kecil berwarna perunggu yang disematkan dengan gambar Yesus Kristus di kayu salib. Pria itu disuruh menginjaknya.

Jika dia melakukannya, itu adalah deklarasi publik bahwa dia telah melepaskan keyakinannya - dan dia akan hidup untuk melihat hari esok. Jika tidak, dia bisa menghadapi hukuman mati, disalibkan, atau disiksa - dipaksa masuk di air mendidih atau digantung dengan kepala di bawah di atas lubang kotoran.

Tanda-tanda keraguan apa pun bisa merenggut nyawanya.

Praktek menginjak gambar-gambar Kristen - yang dikenal sebagai fumie - tersebar luas di kota Nagasaki pada abad ke-17.

Agama 'jahat'

Nagasaki, kota pelabuhan penting, pertama kali diperkenalkan pada agama Kristen sekitar tahun 1560 ketika misionaris Yesuit dari Portugal mulai tiba di Jepang. Kekaisaran Portugis pada waktu itu adalah salah satu kerajaan maritim besar di dunia, dengan pangkalan di mana-mana dari Afrika hingga Asia.

Para misionaris Yesuit bekerja untuk mempertobatkan para penguasa feodal di daerah itu, beberapa di antaranya mengakui bahwa memeluk agama asing ini dapat membantu mereka mendapatkan dukungan perdagangan dari Portugis. Banyak petani di bawah penguasa feodal ini juga akan dibuat atau dipengaruhi untuk masuk agama Kristen, dan pada awal abad ke-17 kota itu telah menjadi "Roma-nya Jepang."

"Nagasaki pada dasarnya ditetapkan sebagai kota Kristen (dengan) paroki," Profesor Kiri Paramore, profesor studi Asia di Universitas Nasional Irlandia, mengatakan kepada BBC. "Tidak ada tempat lain (di Jepang) yang sama Kristennya dengan Nagasaki."

Pada puncaknya, ada hingga 500.000 orang di Nagasaki yang diidentifikasi sebagai Kristen.

Namun seiring berjalannya waktu, otoritas politik Jepang memutuskan bahwa pertumbuhan agama yang cepat menjadi ancaman bagi pemerintah pusat. Mereka memutuskan untuk menindak.

"Mereka ingin menyingkirkan Kekristenan, tetapi mereka juga ingin menyingkirkan orang asing sebagai ancaman politik bagi keamanan negara ... sehingga kedua hal itu saling terkait," kata Paramore.

Pada paruh kedua abad ke-16, 26 misionaris asing di Nagasaki dieksekusi dengan penyaliban - ini menandakan awal dari apa yang akhirnya menjadi periode penganiayaan yang panjang terhadap orang-orang Kristen.

Pada 1614, larangan nasional yang ketat terhadap agama Kristen dikeluarkan. Misionaris asing dengan cepat diusir dari negara itu, mereka yang menolak untuk pergi ditangkap, dibunuh, atau dipaksa untuk meninggalkan agama. Jepang secara keseluruhan memasuki masa isolasi, memutuskan hampir semua kontak dengan negara lain di bawah pemerintahan saat itu, Keshogunan Tokugawa.

Disiksa berulang kali

Sekitar tahun 1620-an, pihak berwenang memutuskan bahwa tidak cukup hanya dengan menyingkirkan para pemimpin agama. Mereka harus menemukan cara publik untuk mencabut agama dari hati rakyat.

Solusinya? Fumie itu. Ini adalah gambar kuningan, kadang-kadang dipasang di papan kayu, menggambarkan Kristus atau Maria. Setiap orang yang tinggal di Nagasaki diperintahkan untuk menjalani praktik menginjak fumie. Segera itu menjadi praktik tahunan yang dilakukan pada awal setiap tahun.

"Itu adalah kewajiban, rakyat jelata, samurai, biksu Buddha, bahkan orang sakit tidak dapat melewatkannya - mereka akan membawa papan kayu ke rumah mereka. Setiap orang harus melakukan itu," kata Martin Ramos, profesor Studi Jepang di Ecole Francaise D'extreme-Orient, Paris.

"Itu dipertimbangkan dengan baik karena pada saat itu, orang-orang Kristen sangat bergantung pada gambar. Orang-orang berdoa di depan gambar - Maria, Yesus - begitu banyak yang berpikir bahwa bagian dari Tuhan ada di dalam gambar. Itu adalah tautan ke ilahi ... bagi mereka untuk menginjak itu, adalah sesuatu yang sangat menakutkan."

Tetapi banyak yang akhirnya menyerah dan menginjak-injak fumie.

"Jika Anda meneliti fumie asli dengan cermat, satu detail yang pedih adalah bahwa wajah Kristus telah sepenuhnya luntur, mengingatkan kita akan kaki yang tak terhitung jumlahnya yang menginjak-injak," kata Profesor Simon Hull, seorang ahli Katolik Jepang dari Nagasaki Junshin Catholic University.

Orang-orang Kristen yang menolak menginjak fumie dibunuh atau lebih umum, disiksa.

"Mereka kadang-kadang akan menyiksa mereka dengan menggantung mereka di atas lubang yang penuh dengan kotoran. Mereka akan menyayat di sekitar pelipis mereka untuk melepaskan (tekanan) sehingga mereka tidak akan mati," kata Mr Paramore.

Tujuan utama dari penyiksaan ini bukan untuk membunuh mereka yang menolak, tetapi untuk "mematahkan tekad mereka."

"Kadang-kadang bahkan ada dokter yang hadir sehingga ketika seorang Kristen yang disiksa kelihatannya meninggal, mereka akan dirawat kembali sebelum disiksa lagi," kata Hull.

Diperkirakan 2.000 orang akhirnya mati sebagai martir, menolak untuk meninggalkan iman mereka.

Yang lain berpura-pura meninggalkan iman tetapi masih tetap menjadi Kristen secara rahasia.

"(Mereka) pulang, memohon agar Tuhan mengampuni mereka," kata Hull. "Dalam satu komunitas, mereka bahkan akan membakar sandal yang telah mereka kenakan, mencampurkan abunya dengan air sebelum meminumnya sebagai ungkapan penyesalan mendalam."

Mereka akhirnya dikenal sebagai Kakure Kirishitan, atau orang Kristen tersembunyi.

"Orang-orang ini masih dengan diam-diam mempraktekkan hal-hal seperti pembaptisan, mereka akan memberikan anak-anak mereka nama-nama Kristen Portugis rahasia seperti Paulo, Mario dan Isabella. Mereka tetap merayakan Natal, Paskah," kata Ramos.

Mereka juga akan memasukkan unsur-unsur Jepang ke dalam praktik mereka untuk menghindari diidentifikasi sebagai orang Kristen.

"Misalnya jika Anda berpikir tentang persekutuan, roti dan anggur, mereka mungkin menggunakan nasi sebagai pengganti roti," kata Mark Mullins, profesor studi Jepang di University of Auckland.

Dewa-dewa Jepang seperti dewa Kannon juga digunakan untuk secara diam-diam mewakili Perawan Maria.

"Selama lebih dari 200 tahun mereka tidak memiliki kontak dengan misionaris (asing). Jadi itu menjadi agama yang sangat lokal, sesuatu diturunkan ke generasi berikutnya," kata Ramos.

Pada akhir abad ke-19, Jepang memutuskan untuk membuka perbatasannya lagi. Pada 1858, praktik fumie dihapuskan di Nagasaki. Pada tahun 1873, larangan panjang Jepang terhadap agama Kristen akhirnya dicabut - lebih dari dua abad setelah pertama kali diberlakukan.

"Ketika Jepang membuka perbatasannya lagi, sekitar 20.000 orang Kristen muncul kembali dan keluar dari persembunyiannya," kata Mullins. "Dalam hal itu, kebijakan (fumie) itu efektif. Kamu telah berpindah dari sekitar 500.000 menjadi 20.000 orang Kristen."

Paus, selama kunjungannya ke Nagasaki, berhenti di sebuah peringatan yang didedikasikan untuk 26 martir yang meninggal pada awal penganiayaan. Saat ini, hanya sekitar 1 persen dari populasi 126 juta di Jepang adalah Kristen. Komunitas Kristen di Nagasaki tetap menjadi salah satu yang terbesar di negara ini.

"Salah satu paradoks sejarah Kristen Jepang adalah bahwa jika semua umat Katolik Jepang menolak menginjak-injak fumie dan malah memilih untuk mati sebagai martir, agama Kristen di Jepang juga akan mati," kata Hull.

"Hanya karena beberapa membuat keputusan eksistensial untuk menginjak-injak fumie, terlepas dari keyakinan mereka bahwa tindakan ini sangat berdosa, bahwa kekristenan di Jepang dapat bertahan." (bbc.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home