Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:37 WIB | Senin, 08 Juni 2015

Orang Tua Harus Larang Anak Gunakan HP

Ponsel pintar dan tablet diduga bisa menggangggu konsentrasi. (Foto; bbc.co.uk)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM – “Orang tua seharusnya melarang anak-anak mereka menggunakan tablet dan telepon pintar, sebelum berangkat ke sekolah di pagi hari,“ kata seorang ahli.

Psikolog klinis Linda Blair mengatakan, penggunaan perangkat tersebut pada pagi hari, bisa mengganggu konsentrasi di sekolah.

Berbicara di Cheltenham Science Festival, Inggris, Blair juga menyarankan para guru untuk meminimalisasi jumlah pekerjaan rumah yang harus dilakukan pada komputer.

Lebih lanjut, dia mengatakan orang tua bisa memberi contoh yang baik, dengan membatasi penggunaan tablet dan telepon pintar pada diri mereka sendiri.

Blair, penulis The Key to Calm mengatakan, memberikan anak-anak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan pada komputer, cenderung membuat anak-anak menjadi lelah dan tidak fokus.

Komputer dan alat teknologi lainnya, memancarkan cahaya biru yang terbukti mengurangi kadar melatonin bahan kimia, yang diproduksi oleh tubuh yang membantu tidur nyenyak.

Alat-alat tersebut, juga meningkatkan kadar hormon stres kortisol, yang membuat orang sulit untuk berkonsentrasi.

"Ini membuat saya marah karena banyak sekolah yang memberi pekerjaan rumah yang harus dikerjakan dengan komputer. Ini sangat bodoh. Saya berharap mereka tidak akan melakukan itu," kata Blair.

Dia mengakui, membatasi penggunaan layar "bukan langkah populer", namun menambahkan bahwa itu bisa mengubah banyak hal untuk orang-orang muda.

"Saya mendorong orang untuk mencobanya selama beberapa hari," kata  Blair.

Dia juga menyarankan, agar keluarga "memiliki satu kesempataan dalam sehari,  di mana para anggota keluarga dapat saling memberi perhatian dan mendengarkan".

"Dulu waktu tersebut adalah saat makan malam. Semua perangkat teknologi tidak aktif dan Anda benar-benar berbicara satu sama lain," kata Blair. (bbc.co.uk)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home