Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 11:01 WIB | Sabtu, 21 Februari 2015

Oscar 2015, antara Michael Keaton dan Eddie Redmayne

Oscar 2015, antara Michael Keaton dan Eddie Redmayne
Michael Keaton dalam Birdman. (Foto: digitaltrends.com)
Oscar 2015, antara Michael Keaton dan Eddie Redmayne
Eddie Redmayne dalam The Theory of Everything. (Foto: flavorwire.com)

SATUHARAPAN.COM -  Hollywood bersiap-siap menggelar perhelatan Academy Awards, atau Oscar, hari Minggu (22/2, waktu Amerika), acara puncak penyerahan penghargaan bagi insan industri film di Amerika.

Perhatian sebagian pengamat film sedang tertuju pada film drama Birdman yang dibintangi Michael Keaton, yang juga dinominasikan meraih Oscar untuk kategori aktor terbaik.

Walau tidak cemerlang, Hollywood Reporter menilai Birdman sebagai film indie yang menampilkan  orisinalitas, menggetarkan, dan tidak terduga, yang punya peluang besar meraih Oscar sebagai film terbaik tahun ini.

Melalui film yang berkisah tentang superhero film yang ketenarannya mulai pudar dan mencoba untuk menghidupkan kembali kariernya di panggung Broadway ini, aktor pemeran lainnya, Edward Norton dan Emma Stone, juga dinominasikan meraih Oscar sebagai pemeran pembantu terbaik. Birdman meraih sembilan nominasi Oscar tahun ini.

Perhatian pengamat film Hollywood Reporter mengerucut pada kategori aktor terbaik, persaingan antara Michael Keaton dan Eddie Redmayne, aktor pemeran utama dalam The Theory of Everything, yang berkisah tentang kehidupan ahli fisika teori Profesor Stephen Hawking.

Michael Keaton (63), yang juga dikenal sebagai sutradara dan produser, sangat populer ketika membintangi Batman (1989) dan Batman Returns (1992). Mengawali kariernya sebagai komedian (stand-up comedy), Keaton hingga kini tercatat sudah mengantongi 43 penghargaan dari 64 nominasi berbagai ajang penghargaan selama berkarier dfi film.   

Melalui Birdman, Keaton di antaranya sudah mengantongi penghargaan dari ajang Golden Globe untuk kategori aktor terbaik film musical and comedy, Critics’ Choice Movie Awards, dan Screen Actors Guild Awards untuk kategori “outstanding performance by a cast in a motion picture”.

Melalui The Theory of Everything, Eddy Redmayne, aktor Inggris yang berusia 30 tahun lebih muda daripada Keaton, tahun ini juga mengantongi penghargaan yang hampir sama. Selain Penghargaan BAFTA yang dikeluarkan badan perfilman Inggris, Redmayne juga meraih Penghargaan Golden Globe 2015 untuk kategori aktor terbaik film drama, dan Screen Actors Guild Awards untuk kategori “outstanding performance by male actor in a leading role”.

Siapa yang berhak meraih gelar aktor terbaik di Oscar 2015, kepastian baru bisa diperoleh dengan menyaksikan perhelatan yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, melalui tayangan langsung Senin (23/2) waktu Indonesia. (voanews.com/hollywoodreporter.com

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home