Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 21:03 WIB | Sabtu, 13 September 2014

Otak Terus Bekerja Saat Tidur

Tes EEG menunjukkan otak tetap bekerja saat tidur (bbc.co.uk).

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Otak tetap aktif ketika kita tidur, kata para ilmuwan yang menemukan bahwa orang masih dapat mengklasifikasi kata pada saat tidur.

Para peneliti dari Cambridge dan Paris, melakukan tes kata kepada para peserta penelitian, saat mereka masih bangun dan menemukan bahwa otak mereka terus memberikan respons yang benar ketika tidur.

Otak saat tidur dapat melakukan pekerjaan yang kompleks, terutama jika pekerjaan itu bersifat otomatis, kata hasil penelitian tersebut.

Penelitian lebih lanjut akan difokuskan mengenai, bagaimana memanfaatkan waktu tidur kita.

 

Dalam laporan yang dimuat di journal Current Biology, tim periset mengatakan mereka akan melakukan penelitian mengenai perilaku otak saat bangun dan saat tidur.

Perilaku yang tidak disadari

Dengan menggunakan electroencephalogram (EEG), mereka merekam aktivitas otak peserta saat mereka diminta untuk mengklasifikasi kata-kata ke dalam kategori hewan atau barang dengan menekan sebuah tombol.

Peserta harus menekan tombol dengan tangan kanan, jika sebuah kata masuk kategori binatang, dan dengan tangan kiri jika barang.

 

Hal ini, memungkinkan para peneliti untuk menyelusuri tanggapan dan memetakan setiap kategori kata dengan gerakan spesifik di otak.

Peserta, lalu diminta untuk berbaring di ruang gelap dengan mata tertutup dan terus melakukan klasifikasi kata itu, saat mereka jatuh tertidur.

Ketika sudah tertidur, sebuah daftar kata baru diujikan kepada para peserta, untuk memastikan otak mengetahui arti kata sebelum mengklasifikasikannya dengan menggunakan tombol.

Aktivitas otak mereka menunjukkan, bahwa mereka terus memberikan respons yang akurat, kata para peneliti, walaupun terjadi dengan lebih lamban.

Pada saat itu para peserta sudah sepenuhnya tidak bergerak dan tidak sadar. (bbc.co.uk)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home