Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Melki Pangaribuan 15:30 WIB | Rabu, 05 Agustus 2020

Padang Bangun Marina Center Tingkatkan Pariwisata

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Ridwan Djamaluddin saat mengunjungi lokasi pembangunan, Sumbar, Selasa (04/08). (Foto: maritim.go.id)

PADANG, SATUHARAPAN.COM - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pariwisata di Sumatera Barat (Sumbar) khususnya Mentawai, Pemerintah tengah merancang pembangunan Marina Center di Padang.

Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Ridwan Djamaluddin saat melakukan peninjauan lokasi Marina Center di Muara Padang, Sumbar.

“Jadi progres tertinggi di Sumatera Barat ini adalah pariwisata. Obyek pariwisata kelas dunia saja sekarang ada di Mentawai sana, oleh sebab itu kita perlu menyiapkan infrastruktur yang bagus supaya ketika turis mau berkunjung ke Mentawai itu mereka punya pelabuhan yang bagus di sini,” kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Ridwan Djamaluddin di Muara Padang, Sumbar, Senin (3/8).

“Makanya kita usulkan agar tempat/ pelabuhan ini bagus kualitasnya untuk wisatawan,” tegasnya.

Dalam pembangunan Marina Center yang akan dikelola oleh Pelindo 2 ini, Deputi Ridwan menjelaskan juga bahwa nantinya agar ada bernuansa laut/ bernuansa maritim di kota Padang. Hal itu sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan pemerintahan setempat dan semua sudah sepakat untuk pembangunannya.

“Sehingga harapannya nanti kita terbangun Maritim Center bisa menjalankan fungsi sebagai pelabuhan dan juga menjadi tempat contoh yang baik bagaimana sebuah komunitas berbasis maritim bisa dihidupkan, karena nanti akan ada kulinernya, akan ada tampilannya dan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Deputi Ridwan menjelaskan bahwa di Mentawai sendiri sebetulnya sudah direncanakan pembangunan bandara, namun tidak mengganggu pembangunan Marina Center ini.

“Walaupun di sana akan ada rencana membangun bandara sendiri dan wisatawan ke sana, tetapi opsi ini akan tetap dibuka, karena di sana kan belum mulai nah di sini sudah ada. Jadi yang mau langsung ke Mentawai melalui jalur udara bisa atau melalui jalur laut lewat Padang,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menambahkan bahwa semua perizinan sedang disiapkan. Dirinya berharap pembangunan dapat dilaksanakan sesegera mungkin.

“Muara ini diperbaiki lalu menjadi Marina Center awalnya ide Menko Marves (Luhut B. Pandjaitan) melalui Deputi Ridwan, bahwa ini nanti akan ke Mentawai. Semua perizinan kita siapkan. Intinya kita tentu mengharapkan semua segera diproses,” ungkap Wagub Nasrul. (Marves)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home