Loading...
BUDAYA
Penulis: Purnawan Kristanto 14:09 WIB | Jumat, 18 Juli 2014

Paduan Suara dari Klaten Juara Ketiga Lomba Kor Sedunia

Paduan suara Vocalista Angels berlomba kor di Latvia. (Foto: FB Ignatia Anin)

KLATEN, SATUHARAPAN.COM – Indonesia menempati ranking ketiga dalam Kompetisi Paduan Suara Sedunia (World Choir Games) yang diselenggarakan di Latvia, 10-12 Juli 2014. Kontingen Indonesia yang diwakili Vocalista Angels ini menyumbangkan 5 emas, 10 perak dan 2 perunggu.

Paduan suara dari Klaten ini merenggut medali emas untuk kategori Children Choir dan kategori Scenic Folklore.

World Choir Games adalah kompetisi paduan suara 2 tahunan yang tahun ini diselenggarakan di Riga, Latvia. WCG yang ke-8 ini merupakan kompetisi terbesar sejak diselenggarakan karena diikuti oleh total 27 ribu orang, yang tergabung dalam 460 paduan suara dan berasal dari 73 negara.

Peringkat pertama perolehan medali ditempati oleh tuan rumah Latvia, diikuti Amerika Serikat sebagai runner up dan Indonesia di tempat ketika. Peringkat keempat dan kelima ditempati oleh China dan Rusia.

Pada mulanya, Vocalista Angels ini terdiri dari anak-anak Kristen, namun dalam perkembangannya keanggotaannya menjadi lintas iman. Sayangnya, meski sudah mengharumkan dunia internasional namun kelompok vokal ini tidak mendapat perhatian serius dari kabupaten Klaten. Setiap kali akan mengikuti kompetisi, mereka harus bersusah payah mengumpulkan dana karena tidak mendapat dukungan dana yang cukup dari pemerintah.

Sebelum berangkat, mereka menyelenggarakan konser pamit pada 3 Juli di Pendapa Pemkab Klaten. Ini keikutsertaan ketiga Vocalista Angels Choir dalam ajang tersebut.

Sebelumnya, pada 2010, mereka menjadi juara untuk kategori folklore with choreography dan kategori children choir di China. Sedangkan pada 2012, mereka juga menjadi juara untuk kategori children choir, scenic folklore, dan show choir di Amerika Serikat.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home