Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 15:22 WIB | Kamis, 31 Juli 2014

Pahlawan Perangi Ebola di Sierra Leone Meninggal

Dr Sheik Umar Khan, pahlawan nasional Sierra Leone dalam menyelamatkan korban virus Ebola, kini malah terpapar virus yang belum ada obatnya tersebut. (Foto: AFP)

FREETOWN, SATUHARAPAN.COM – Seorang dokter yang bertugas di pusat pengobatan Ebola di Sierra Leone menjadi korban berikutnya dari virus mematikan tersebut, kata kepala layanan kesehatan negara tersebut pada Selasa (29/7).

“Dr Umar Khan meninggal pada pukul 14.00 waktu setempat,” kata kepala layanan kesehatan Sierra Leone, Brima Kargbo, mengumumkan.

Khan pekan lalu dibawa ke fasilitas perawatan anti-Ebola yang dijalankan Doctors Without Borders (MSF) setelah teruji positif terkena virus tersebut.

Dia bertanggung jawab atas pusat pengobatan Ebola di Kenema, sekitar 320 kilometer sebelah timur ibu kota Freetown. Tiga perawat di fasilitas tersebut juga meninggal akibat penyakit itu.

Menteri Kesehatan Miatta Kargbo menyebut Khan sebagai seorang “pahlawan nasional”, memuji “pengorbanannya yang luar biasa” untuk menyelamatkan nyawa banyak orang.

Menurut angka terbaru dari kementerian tersebut yang dirilis pada Selasa, 489 kasus Ebola sudah tercatat di Sierra Leone dan 159 orang meninggal akibat virus tersebut.

Presiden Sierra Leona Ernest Koroma pekan ini mengunjungi Kota Kenema dan Kailahun untuk memeriksa respons negara terhadap epidemi tersebut dan menemui para pasien serta petugas medis. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home