Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:27 WIB | Selasa, 16 September 2014

Pakai e-Purchasing, Dinas Kebersihan Hemat Rp 14 M

Manfaat belanja barang menggunakan sistem e-purchasing atau sistem pembelian yang telah didaftarkan melalui e-katalog, mulai dirasakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI. (Foto; forum.pengadaan.org).

JAKARTA, SATUHARAPAN - Manfaat belanja barang menggunakan sistem e-purchasing atau sistem pembelian yang telah didaftarkan melalui e-katalog, mulai dirasakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI.

Salah satu di antaranya, Dinas Kebersihan DKI, yang menyatakan telah menghemat anggaran Rp 14 miliar dalam hal pengadaan kendaraan angkutan sampah dan alat berat tahun 2014, dengan sistem e-purchasing.

Kepala Dinas Kebersihan DKI, Saptastri Ediningtyas Kusumadewi mengatakan, tahun ini pihaknya meremajakan kembali 285 kendaraan pengangkut sampah dan 13 unit alat berat dengan pembelian sistem e-purchasing.

"Melalui sistem e-purchasing, kita mampu menghemat anggaran lebih dari Rp 14 miliar. Anggaran itu kita kembalikan ke kas daerah," katanya, Senin (15/9).

Ia memerinci, jenis kendaraan angkutan sampah yang dibeli dengan sistem e-purchasing tahun ini terdiri dari 50 unit mobil dump truck kecil, delapan unit dump truck kecil ber-bucket, 48 unit dump truck besar, 19 unit truk arm roll kecil, 15 unit arm roll besar, 9 unit truk tronton, dan 136 unit gerobak motor.

"Sedangkan alat berat yang kami beli tujuh unit shovel loader, tiga unit eskavator long arm dan tiga unit eskavator amphibi," jelasnya.

Menurut Saptastri, kendaraan-kendaraan pengangkut sampah tersebut juga telah diserahterimakan kepada Suku Dinas Kebersihan dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh wilayah di DKI.

"Telah kami serahterimakan ke sudin-sudin, UPT, dan bidang untuk dioperasikan melayani pengangkutan sampah di Jakarta," ujarnya.

Ia menambahkan, belanja barang dengan sistem e-purchasing ini memliki beberapa keuntungan. Salah satunya, SKPD DKI tidak perlu lagi menghabiskan waktu hingga enam bulan lebih untuk lelang. (beritajakarta.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home