Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 02:42 WIB | Rabu, 25 Maret 2020

Pakar Satgas Corona Gedung Putih Tolak Sebut COVID-19 "Virus China"

Anthony Fauci (depan), Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular Amerika Serikat (NIAID), menghadiri konferensi pers tentang COVID-19 di Gedung Putih di Washington DC, pada 9 Maret 2020. (Foto: Xinhua/Liu Jie)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Anggota satuan tugas (satgas) corona virus Gedung Putih dan pakar penyakit menular terkemuka Amerika Serikat (AS), Anthony Fauci, pada Minggu (22/3), menuturkan kepada majalah Science bahwa dirinya tidak pernah dan tidak akan pernah menyebut COVID-19 sebagai "virus China."

Dalam konferensi pers belum lama ini, Presiden AS Donald Trump mengatakan China seharusnya mengungkapkan penemuan infeksi corona virus jauh lebih awal.

"Saya memberi tahu orang-orang yang relevan bahwa hal itu tidak tepat, sebab dua atau tiga bulan sebelumnya adalah September," kata Fauci, yang juga menjabat sebagai Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular AS (U.S. National Institute of Allergy and Infectious Diseases/NIAID).

Ketika ditanya apakah AS seharusnya menerapkan "ide-ide kreatif" yang diadopsi negara-negara lain dalam merespons coronavirus, seperti halnya praktik di China yang menggunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh pengunjung sebelum memasuki pasar swalayan, Fauci menyebut langkah-langkah tersebut layak untuk dipertimbangkan.

"Menurut saya masalah logistik untuk hal itu perlu diselesaikan ... Saya akan mengangkatnya dalam pertemuan satuan tugas mendatang dan melihat apakah ada semacam alasan terkait logistik dan birokrasi mengapa opsi itu tidak dapat dilakukan," tutur Fauci. "Alasan untuk melakukannya paling tidak patut dipertimbangkan secara serius," lanjutnya.

Menurut Fauci, dia telah menyarankan agar Gedung Putih mengadakan konferensi pers secara virtual, namun anjuran tersebut sejauh ini belum diadopsi.

"Ketika berurusan dengan Gedung Putih, terkadang Anda perlu menyampaikan sesuatu satu, dua, tiga, empat kali, dan baru hal itu berhasil. Karenanya, saya akan terus mengupayakannya," tutur Fauci. (Xinhua)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home