Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:37 WIB | Jumat, 15 Mei 2020

Pakar WHO: Seperti HIV, COVID-19 Mungkin Tidak Akan Pernah Hilang

Pakar WHO, Mike Ryan (kanan) dan Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: dok. Ist.)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Ada kemungkinan bahwa virus corona hanya akan menjadi epidemi lain di komunitas dunia dan "mungkin tidak akan pernah hilang," kata seorang pejabat tinggi di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Rabu (13/5).

Mike Ryan, direktur eksekutif kedaruratan WHO, berbicara pada konferensi video dari Jenewa, Swiss dan menjawab pertanyaan tentang proyeksi untuk umur virus.

“Saya pikir penting untuk meletakkan ini di atas meja. Virus ini dapat menjadi virus endemik lain di komunitas kita. Dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang,” kata Ryan.

“HIV belum hilang, kita sudah sepakat tentang virus. Dan kita telah menemukan terapi dan kita menemukan metode pencegahan, dan orang tidak merasa takut seperti sebelumnya,” tambahnya.

"Saya pikir penting bagi kita untuk realistis, dan saya tidak berpikir siapa pun dapat memprediksi kapan atau apakah penyakit ini akan hilang," kata pejabat WHO itu.

Dia mengatakan bahwa satu harapan besar adalah jika para ilmuwan menemukan "vaksin yang sangat efektif" untuk didistribusikan kepada semua orang yang membutuhkan di dunia, mungkin ada "kesempatan untuk menghilangkan virus ini."

“Tetapi vaksin itu benar-benar harus tersedia dan menjadi sangat efektif, itu harus tersedia untuk semua orang,” kata Ryan, mencatat bahwa para ilmuwan dapat membuat vaksin.

"Seseorang harus membuatnya dan membuatnya cukup sehingga semua orang bisa mendapatkan dengan dosisnya.

“Kita harus bisa mewujudkannya. Dan orang-orang harus mau mengambil vaksin itu. Setiap langkah itu penuh dengan tantangan. Ini adalah peluang besar bagi dunia,” tambahnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home