Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 14:48 WIB | Sabtu, 01 Oktober 2016

Paket Wisata di Lembaga Alkitab Indonesia

Petugas Perpustakaan Biblika dan Museum Alkitab di lantai dua gedung Lembaga Alkitab Indonesia menjelaskan kepada pengunjung mengenai koleksi LAI. (Foto: Prasasta Widiadi)

SATUHARAPAN.COM –  Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) adalah lembaga nirlaba yang mendukung gereja-gereja, organisasi dan umat Kristiani di Indonesia, dalam melaksanakan tugas persekutuan, kesaksian, dan pelayanannya, melalui pengadaan Alkitab dan bagian-bagiannya.

Sebagai badan logistik gereja, LAI hadir untuk menerjemahkan, menerbitkan, dan menyebarkan Alkitab maupun bagian-bagiannya dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa daerah di Indonesia, di bawah payung visi dan misi LAI.

Gedung LAI di Jalan Salemba Raya 12 Jakarta Pusat, mungkin tidak asing lagi bagi banyak orang. Namun, bisa jadi hanya sedikit orang yang sudah pernah melangkahkan kaki melongok Perpustakaan Biblika dan Museum Alkitab di lantai dua gedung itu.

Di tempat itu, menurut staf Pengelolaan Koleksi Museum Alkitab LAI, Elymart Jastro, dalam perbincangan dengan satuharapan.com, pertengahan September lalu, LAI memamerkan berbagai koleksi, dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat. Di tempat itu, pengunjung dapat mengakses koleksi LAI.

Pengunjung yang hadir di Museum atau Perpustakaan Alkitab terbagi atas individu atau rombongan.

“Kami menyebut paket kunjungan itu dengan Paket Wisata Alkitab. Kalau rombongan, minimal 15 orang, maksimal 80 orang, dan berasal dari segala segmen usia baik dari balita yang didampingi orangtuanya sampai lansia,” kata Elymart.

Dia menjelaskan dalam Paket Wisata Alkitab, pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan atau kelompok sosial seperti sekolah, gereja maupun lembaga lain selama hampir dua setengah hingga tiga jam diajak melihat-lihat tentang sejarah penulisan, persebaran hingga penerjemahan Alkitab di Indonesia yang terdapat di Museum Alkitab dan Perpustakaan Biblika. Selain itu, paket itu juga menawarkan proses pencetakan Alkitab secara langsung di percetakan Lembaga Alkitab Indonesia.

“Paket Wisata Alkitab dalam satu hari terdiri atas dua sesi. Sesi yang pagi mulai pukul 08.00 - 12.00, yang kedua mulai pukul 13.00 - 16.00,” kata dia.

Untuk hari Sabtu, dia menambahkan, layanan Paket Wisata Alkitab dilangsungkan mulai pukul 09.00 - 15:00.

Pemutaran Video

Dalam rangka memberikan pemahaman lebih kepada pengunjung Paket Wisata Alkitab  secara rombongan maupun individu, kata dia, LAI memberikan penjelasan secara lisan dan melalui video tentang Alkitab.

Dia mengatakan dalam penayangan video, peserta diberi penjelasan tentang sejarah berdirinya Lembaga Alkitab Dunia (United Bible Society) hingga Indonesia (Indonesian Bible Society/Lembaga Alkitab Indonesia).

Elymart menjelaskan setelah peserta Paket Wisata Alkitab melihat-lihat koleksi di Perpustakaan dan Museum Alkitab, mereka diajak kembali melihat dua video. Yang pertama tentang Percetakan LAI yang terletak di Cibinong, Bogor, dan video yang kedua tentang “Satu Dalam Kasih”.

Satu Dalam Kasih, menurut alkitab.or.id,adalah program yang menjembatani kebutuhan akan Alkitab di daerah-daerah terpencil yang karena kondisi geografis, ekonomi, dan sosial, tidak mampu membeli dan memiliki Alkitab. Program ini  dilaksanakan setiap tahun dengan mempertimbangkan daerah yang benar-benar membutuhkan Alkitab berdasarkan surat-surat permohonan yang diterima LAI.

Bila ada rombongan yang ingin melihat proses percetakan berbagai produk LAI, kata dia, dapat terlebih dahulu menghubungi Bidang Museum dan Perpustakaan LAI agar terlebih terkoordinasi dengan baik.

Dia menjelaskan bila ada rombongan yang ingin mengunjungi Percetakan Lembaga Alkitab Indonesia, akan ada tim yang memandu peserta sehingga dapat melihat prosedur yang dikerjakan mulai dari kertas kosong sampai menjadi buku yang siap untuk dibaca oleh masyarakat.  “Seandainya mereka tidak ke percetakan, akan kami putarkan videonya,” kata dia.

Rombongan atau individu yang ingin melakukan pemesanan Paket Wisata Alkitab disarankan untuk melakukan pemesanan lebih dari satu pekan sebelumnya.

Elymart memberi contoh apabila ada rombongan yang ingin melakukan pemesanan harus menyertakan surat permohonan kunjungan dari lembaga yang bersangkutan. Selain itu dalam surat tersebut harus mencantumkan berapa orang yang akan ikut serta dalam rombongan Paket Wisata Alkitab. “Surat permohonan itu dapat dikirim lewat e-mail,” kata dia.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home