Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 22:02 WIB | Senin, 18 November 2019

Pakistan Saingin India, Uji Coba Rudal Balistik

Peluru Kendali balistik Shaheen-I yang diluncurkan hari Senin (18/11) oleh militer Pakistan. (Foto: Ist)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Militer Pakistan pada hari Senin (18/11) melakukan uji coba peluncuran rudal balistik darat-ke-permukaan (SSBM), Shaheen-I, kata Hubungan Masyarakat Antar Lembaga (ISPR).

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh ISPR, peluncuran itu dilakukan sebagai bagian dari pelatihan "yang bertujuan menguji kesiapan operasional Komando Strategis Angkatan Darat" Pakistan, menurut laporan media setempat, Dawn.

Pimpinan militer, pejabat senior dan para ilmuwan menyaksikan peluncuran tersebut. "Pasukan menunjukkan kecakapan standar tinggi dalam menangani dan mengoperasikan sistem senjata ampuh, memastikan pencegahan minimum yang kredibel," kata ISPR.

Media militer menyebutkan, SSBM Shaheen-I mampu memuat semua jenis hulu ledak dan jarak tembak mencapai 650 kilometer. Pada bulan Agustus, Pakistan melakukan peluncuran malam sebuah SSBM lainnya, Ghaznavi.

Beberapa hari sebelumnya, India, negara tetangga yang merupakan musuh bebuyutan Pakistan, juga melakukan uji coba peluncuran proyektil Agni II, yang juga peluru kendali balistik yang jarak tembaknya sepadan dengan Shaheen-II milik Pakistan.

Shaheen-I adalah rudal balistik berbahan bakar yang dilaporkan telah beroperasi sejak tahun 2003. Itu dapat membawa hulu ledak konvensional atau nuklir.

Ketegangan di kedua negara telah berlangsung puluhan tahun, dan pada Agustus lalu meningkat setelah New Delhi menghapus status otonomi wilayah Kashmir yang disengketakan. Ini mengundang kritik keras Islamabad.

Pada bulan Februari kedua negara terlibat konfrontasi udara langsung pertama mereka dalam beberapa tahun. Sejak itu, beberapa upaya telah dilakukan dari kedua belah pihak untuk menormalkan hubungan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home