Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 23:56 WIB | Minggu, 19 Maret 2017

Pameran Drawing "Purba" di New Miracle

Salah satu drawing karya Hotland Tobing (pena, ekolin diatas kertas 2016) yang akan dipamerkan dalam pameran Drawing "Purba" di New Miracle Prints Yogyakarta, 25 Maret – 10 April 2017. (Foto: New Miracle)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Setelah pameran seni cetak grafis Friends Of TPS, TERAS Management, studio yang berada di jalan Suryodiningratan 34, Yogyakarta akan menggelar pameran Drawing bertajuk "Purba", 25 Maret – 10 April 2017.

Pameran akan menampilkan 22 karya drawing dari 22 seniman dari berbagai kota Yogyakarta, Nganjuk, Surabaya, Jakarta dan Medan. Semua karya bermaterikan media kertas sebagai unsur utama pembentuk dengan eksekusi khas masing-masing seniman. Ukuran karya bervariasi dari yang paling kecil ukuran 21x16 cm sampai terbesar ukuran 110x80 cm.

Perupa terlibat diantaranya Joko “Toying” Widodo, Meuz Praz, Ugo Untoro, Dona Prawita Arissuta, Robi Fathoni, Alie Gopal,, “Jon Paul“ Irwan, Desy Gitary, Syalabi Asya, Basori “Kang Basori”, Tohjaya Tono, Franky Pandana, Jonson Pasaribu, dan Mumtaz khan Chopan.

Pemilik studio New Miracle Syahrizal Pahlevi dalam obrolannya dengan satuharapan.com, Sabtu (11/3), menjelaskan bahwa membedakan “drawing” dengan “lukisan” kini sama susahnya karena seringkali drawing tampil atraktif dan meriah seakan tidak mau kalah dengan tampilan lukisan yang powerfull dan canggih tekniknya.

Videografer asal Afrika Selatan William Kentridge melangkah jauh dan membawa media drawing-nya sebagai elemen karya videonya, namun yang menarik tetap saja karya drawing-nya dapat berdiri sendiri  sebagai karya yang kuat dalam sebuah pameran. Sementara sketsa yang lebih mengutamakan garis  sederhana dan bersifat spontan, biasanya akan jauh lebih mudah dibedakan ketika bersanding sejajar dengan lukisan yang lebih kompleks, colorfull dan penuh pertimbangan. 

"Tema Purba diangkat sebagai “dramatisasi” persoalan drawing yang sering dimitoskan sebagai persoalan kuno atau masa lalu dan tidak perlu mendapat porsi lebih dalam kekaryaan maupun perbincangan," kata Parlevi.

Lebih lanjut Pahlevi menjelaskan sebagai media pendahulu, kepurbaan media drawing dibanding media seni rupa yang tumbuh kemudian mestinya tetap menarik sebagai alat ekspresi bagi para seniman.

Pameran Drawing "Purba" yang diselenggarakan di New Miracle Prints, jl. Suryodiningratan 34, Yogyakarta akan dibuka oleh Jerry Chamberland Sabtu, 25 Maret 2017, pukul 16.00 WIB.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home