Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 02:11 WIB | Minggu, 07 Januari 2018

Pameran Lima Perupa Muda "Upcoming"

Pameran Lima Perupa Muda "Upcoming"
Lukisan berjudul "Selfieautiful #2" (cat minyak di atas sutra) karya M. Fadhil Abdi dalam pameran "Upcoming" di Galeri Langgeng Jl. Suryodiningratan No.37, Suryodiningratan Yogyakarta hingga 31 Januari 2018. (Foto-foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)
Pameran Lima Perupa Muda "Upcoming"
Instalasi "Stable or Instable" karya Ridwan Luthfi | color etching, cutting LED, frame acrylic glass.

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Mengawali tahun 2018 Langgeng Art Foundation menggelar pameran visual "Upcoming". Pameran yang dibuka pada Sabtu (6/1) malam menampilkan karya dua-tiga dimensi lima perupa muda Iqro Ahmad Ibrahim, M. Fadhil Abdi, Ridwan Luthfi, Wisnuaji Putu, dan Zulfian Amrullah.

Karya yang ditampilkan merupakan penanda pejalanan proses menuju "yang akan datang" (upcoming) dari masing-masing seniman berangkat dari eksplorasi bentuk-gagasan dari ruang studio mereka.

Menggabungkan instalasi cahaya dan teknik cetak grafis, Ridwan Luthfi menampilkan karya instalasi diantaranya "Ruang Gerak", "Temaram", "Stable or Instable" dengan eksperimentasi bentuk geometri dengan memanfaatkan cahaya dalam berbagai medium. Permainan bentuk, teknik cetak grafis,  beragam medium, digabung dengan instalasi cahaya menjadi daya tarik karya Ridwan yang kuat ketika sebuah karya tidak sekedar berbicara tentang estetis semata namun juga fungsional.

Sementara perupa Zulfian Amrullah dengan latar belakang arsitek dalam karya berjudul "Midnight Prayer" mencoba menggabungkan disiplin arsitektur dalam rancang bangun karyanya sebagai bagian dalam ujicoba struktur dan konstruksi dalam menguji kekuatan material. Pada bulan April tahun lalu Zulfian menggelar pameran tunggal bertajuk "The Unknown of the Familiar" di Ark Galerie Yogyakarta.

Sembilan karya lukisan cat minyak seri potret karya M. Fadhil Abdi berjudul "Selfieautiful #2" dalam kanvas melengkapi  karya seri berjudul "Broken Vow" serta dua lukisan potret tanpa judul. Keseluruhan karya mengambil obyek perempuan.

Wisnuaji Putu dalam karya lukisannya "Pour Me Out", "Wadah" bermain-main dengan bentuk, huruf-aksara-angka, sekaligus warna yang dinamis. Begitupun pada lukisan seri berjudul "Eksodus", "Mom" dan "In The Box". Pada satu lukisan seri Wisnuaji membuat kar lukis abstrak.

Tujuh belas karya seri berjudul "Relation Series" karya Iqro Akhmad Ibrahim dalam berbagai dimensi melengkapi pameran "Upcoming".

Pameran "Upcoming" akan berlangsung di Galeri Langgeng Jl. Suryodiningratan No.37, Suryodiningratan Yogyakarta hingga 31 Januari 2018.

Back to Home