Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 09:42 WIB | Minggu, 29 April 2018

Pameran Seni Grafis "Nyoh"

Pameran Seni Grafis "Nyoh"
Karya stensil seri dalam sebuah buku yang dibuat Samuel Indratma dalam pameran "Nyoh" di di Indieart house, Jalan AS Samawat No 99 Tirtonirmolo-Kasihan, Bantul. (Foto-foto: Moh. Jauhar al-Hakimi).
Pameran Seni Grafis "Nyoh"
Karya stensil - mix media - Samuel Indratma.

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Mengangkat tema "Nyoh" seniman grafis Samuel Indratma memamerkan karya grafisnya di Indieart house. Sebanyak tiga puluh enam karya grafis-stensil di atas kertas dan kanvas serta dua karya sketsa dipamerkan.

Jika tahun lalu Sam, panggilan Samuel Indratma dalam pameran "Lost Stang" dengan penyajian yang diserahkan langsung kepada pengunjung dengan menyoroti karyanya menggunakan lampu yang dibawa pengunjung sendiri sehingga imaji bayangan yang tersaji lebih dinamis dan bergerak, pada pameran "Nyoh" karya-karya grafis Sam dibekukan ke dalam medium dua dimensi menggunakan teknik cetak halang/saring.

Diantara teknik seni grafis, cetak halang adalah teknik yang paling sederhana dengan prinsip cut-print-repeat. Dengan prinsip tersebut cetak saring/halang hanya memerlukan alat potong (cutter) serta bahan berupa kertas yang agak tebal dan kaku atau plastik transparan untuk membuat cetakan/master (mal), serta beragam cat (semprot ataupun kuas) dengan berbagai dasar cat (air-minyak). Sementara media menyesuaikan peruntukannya, bisa berupa kertas, plastik, kain, bahkan tembok. Prinsip stensil mirip dengan silk-screen print atau biasa dikenal sablon. Yang sedikit membedakan, cetak stensil lebih mudah diaplikasi pada permukaan dinding vertikal dengan lebih fleksibel.

Menggunakan teknik cetak saring/halang stensil, Sam tidak terlalu banyak bermain dengan warna bahkan terkesan monochrome. Dengan penggunaan pola tetap, gambar stensil sering ditampilkan secara berulang-ulang. Pengulangan ini memungkinkan untuk bereksperimen dengan permainan warna ataupun teknik pewarnaan sehingga pengulangan gambar yang dihasilkan tidak monoton.

Kekuatan pesan seni stensil terletak pada tampilan visual yang sederhana semisal wajah atau sosok, maupun penggunaan satu warna saja. Kuatnya kesan itulah yang sering digunakan sebagai pesan sering dijadikan sebagai media propaganda pada ruang publik.

Pada lima karya yang dipajang pada standing tripod partitur, Sam membuatnya dalam buku karya seri. Yang agak berbeda adalah dua karya dengan beberapa warna di atas mix media serta dua karya sketsanya yang dipajang di dinding tangga masuk ruang pamer Indieart house.

Pameran "Nyoh" dibuka pada Sabtu (29/4) malam di Indieart house, Jalan AS Samawat No 99 Tirtonirmolo-Kasihan, Bantul.

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home