Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 09:17 WIB | Sabtu, 05 April 2014

Pameran Sketsa Wajah Toto BS

Pameran Sketsa Wajah Toto BS
Toto BS membuat sketsa wajah tamu yang hadir dalam pembukaan pamerannya. (Foto-foto: Ignatius Dwiana)
Pameran Sketsa Wajah Toto BS
Pameran Sketsa Wajah Toto BS

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pelukis Toto BS menunjukkan keahliannya mencipta sketsa di depan para tamu yang hadir dalam pembukaan ‘Pameran Sketsa Wajah’ di Galeri Cipta II Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta pada Jum'at (4/4).

Pelukis bernama asli Bambang Semboto ini dengan piawai melukisa wajah para tamu yang rela wajahnya dituangkan ke atas kanvas-kanvas kosong. Dalam hitungan menit, dia menyelesaikan sejumlah karyanya.

Lelaki kelahiran 1959 ini mengekalkan wajah orang secara langsung ke atas bidang kanvas. Paras wajah para tamu dijabatinya. Seolah dia seorang saksi dan pewarta kepernahhadiran wajah-wajah manusia itu. Sepertinya dia ingin mengatakan bahwa wajah-wajah itu bukanlah fiksi, fantasi, atau imaji. Dia mencatat wajah-wajah itu nyata adanya dan pernah hadir dalam pusaran waktu dan jaman.

Toto BS merupakan pengagum Henk Ngantung. Karena karya sketsa Gubernur DKI Jakarta di zaman Soekarno ini menurutnya goresannya sederhana dan spontan.

Pengamat seni, seniman, maupun Kurator melemparkan penilaiannya luar biasa atas keahliannya. Seperti Fajar Sidiq, Romo Mudji Soetrisno SJ, Merwan Yusup, Sihar Ramses Simatupang, Sudarmaji, Frans Ekodhanto, dan lain-lain.

Karya-karya sktesa spontan Toto BS ini yang sebanyak 39 buah dapat disaksikan dari Jum'at (4/4) hingga Kamis (10/4) di Galeri Cipta II Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home