Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 23:04 WIB | Senin, 27 Maret 2017

Pameran Tunggal Zulfian Amrullah di Ark Galerie

Ilustrasi poster pameran tunggal Zulfian Amrullah di Ark Galerie Jalan Suryodiningratan no 36 A Yogyakarta. (Foto: Ark Galerie)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Perupa yang juga arsitek muda Zulfan Amrullah akan menggelar pameran tunggal bertajuk "The Unknown of the Familiar" di Ark Galerie Yogyakarta.

Zulfian Amrullah menyelesaikan studinya di jurusan Arsitektur Universitas Gadjah Mada pada tahun 2006 dan sejak tahun 2013 aktif terlibat dalam program residensi, pameran seni rupa, maupun seni pertunjukan, antara lain Earth Manual Project Exhibition 2013, Design and Creative Center Kobe, Japan (2013) dan Planet Kesebelas Teater Amarta, Kedai Kebun Forum, Yogyakarta (2014). Saat ini Zul telah menetap dan berkarya di Yogyakarta. Zulfian terpilih sebagai salah satu seniman program Open Studio di Ark Galerie pada tahun 2016, dengan proyek karyanya berjudul "Kill Your Darlings". Sebuah karyanya berjudul Makan_3 turut dipamerkan dalam Art Jog 8 tahun 2015.

The Unknown of The Familiar merupakan jelajah Zul terhadap gagasan keterbatasan material. Zul mengolah plat-plat stainless steel dan akrilik, yang biasanya sudah disiapkan untuk segera diolah, dalam ukuran standar yang dipotong pabrik, dan membentuknya menjadi patung. Dalam proses "mematung" ini, Zul tidak lagi menatah atau membangun komposisi dari berbagai material, tetapi ia bermain dengan gagasan tentang bidang.

The Unknown of the Familiar juga merupakan refleksi atas ketegangan dalam kaitannya dengan relasi-relasi sosial. Bentuk-bentuk yang diciptakan Zul sebagian menunjukkan dua hal yang bersisian atau bertentangan. Ada imajinasi antara harmoni atau oposisi.

Pameran yang dibuka pada Selasa (28/3) malam akan berlangsung hingga tanggal 22 April 2017 di Ark Galerie Jalan Suryodiningratan no 36 A Yogyakarta.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home