Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 16:25 WIB | Kamis, 28 Januari 2016

PAN Dukung Kereta Api Cepat

Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Taufik Kurniawan dari Fraksi PAN mengatakan, “Kereta api cepat antara Jakarta dan Bandung Insya Allah masyarakat mendukungnya.”

“Kita harapkan—sesuai tahapan-tahapan yang perlu dilewati—ini adalah program yang harus didukung semua pihak. Walaupun ada pro kontra, tetap harus kita apresiasi, harus kita dengar, sepanjang konteksnya untuk kepentingan masyarakat, Insya Allah masyarakat akan mendukung,” kata Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, hari Kamis (26/1).

Untuk itu, kata Taufik, untuk kereta api cepat ini konteksnya sudah jelas. Yaitu, pemerintah tidak akan mengambil dana dari APBN, kemudian setelah Jakarta-Bandung, kemungkinan kereta api cepat Jakarta-Surabaya.

 “Menurut pandangan kami kenapa ini jarak yang pendek, ya ini sebagai try out. Sebagai tahapan pertama, jangan sampai tiba-tiba langsung terlalu jauh. Kan juga berisiko buat Indonesia yang belum pernah berpengalaman dalam kereta cepat. Ini menurut saya ambil yang positif, ambil hikmahnya sajalah,” kata dia.

‪Selain itu, kata Taufik kereta api cepat tersebut untuk mengembangkan infrastruktur. Dan, DPR sudah mendukung pemerintah. Seperti pengembangan fasilitas infrastruktur dari darat, laut maupun udara.

“Sekarang kalau terkait masalah kereta api cepat Jakarta-Bandung, tentunya kajian teknis kita serahkan kepada badan usaha, misalkan B to B, business to business, ya sudah itu menjadi keputusan dari masing-masing pihak yang sudah sepakat melaksanakan B to B jalur Jakarta-Bandung itu,” katanya.

Editor: Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home