Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:06 WIB | Kamis, 13 Agustus 2015

Panggilan Bergabung dalam Hari Kemanusiaan Dunia 2015

Sirita Chaudary, anggota staf berusia 35 tahun di Trauma Centre Rumah Sakit BIR di Nepal. Dia bertugas ketika gempa melanda, dan terus merawat pasien. (Foto: who.int))

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Hari Kemanusiaan Dunia yang diperingati setiap tanggal 19 Agustus, merupakan penghormatan bagi pekerja yang berkarya untuk kemanusiaan dan mereka yang telah kehilangan nyawa mereka dalam tugas.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kegiatan kemanusiaan, beberapa kelompok masyarakat dan organisasi yang bergerak dalam kemanusiaan, aktif mempublikasikan dan berbicara kepada pers untuk menyebarkan pesan-pesan kunci dari Hari Kemanusiaan Dunia. Sementara itu, kelompok lain mengatur acara khusus untuk masyarakat.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kegiatan bantuan kemanusiaan dan pentingnya kerja sama internasional.

Meningkatnya krisis ekonomi dan tantangan global seperti kemiskinan, masalah kesehatan global, kenaikan harga, dan meningkatnya pengungsian, membutuhkan pekerja kemanusiaan setiap tahun.

Sudah lebih dari 700 pekerja kemanusiaan meninggal, atau mengalami situasi yang paling berbahaya ketika mencoba untuk membantu mereka yang membutuhkan. Pekerja kemanusiaan telah memberikan dukungan untuk dunia, antara lain kelaparan, kekerasan berbasis gender, pengungsian, bantuan untuk anak-anak, serta air bersih dan akses sanitasi.

Hari Kemanusiaan Dunia, yang diperingati setiap tanggal 19 Agusutus, berlatar belakang peringatan peristiwa pengeboman Hotel Canal di Baghdad, Irak, tahun 2003, yang mengakibatkan dua orang tewas, termasuk Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia dan Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal untuk Irak, Sergio Vieira de Mello.

Hari Kemanusiaan Dunia juga merupakan kesempatan untuk merayakan semangat yang menginspirasi karya kemanusiaan di seluruh dunia.

Tahun ini, PBB dan mitra kemanusiaan menginspirasi umat manusia di dunia, untuk bergabung dengan organisasi kemanusiaan dunia dan menjadi utusan aktif kemanusiaan. (who.int/timeanddate.com)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home