Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:26 WIB | Jumat, 19 September 2014

Panglima: 360.000 Sarjana Menganggur

Saat ini tercatat sebanyak 360 ribu sarjana dari berbagai disiplin ilmu di Indonesia menganggur. (Foto: article.wn.com).

SURAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko mengatakan, saat ini tercatat sebanyak 360.000 sarjana dari berbagai disiplin ilmu di Indonesia menganggur, dan ini mengerikan apabila tidak ditangani dengan baik.

Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko mengatakan, hal tersebut tatkala memberikan kuliah umum yang bertemakan "Memantapkan Ketahanan Nasional di Era Persaingan Bebas Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas" di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) di Kampusnya Kentingan, Solo, Jumat (19/9).

Sarjana dari berbagai disiplin ilmu tersebut, apabila tidak dikelola dengan baik bukannya tidak mustahil akan menjadi ancaman di dalam negeri. Banyaknya pengangguran dari sarjana ini karena salah satunya mereka itu hanya berorientasi bekerja di pegawai negeri sipil (PNS).

"Ya, mereka itu hanya ingin jadi PNS, TNI, Polisi dan tidak mau mengembangkan disiplin ilmunya yang didapat agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri," kata Panglima.

Jenderal TNI Dr Moeldoko mengatakan, mulai sekarang mahasiswa harus dilengkapi ketrampilan yang lain, sehingga kelak setelah lulus dalam studinya bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan tidak tergantung kepada orang lain.

Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi, MS mengatakan, kehadiran Panglima TNI pada kuliah umum tersebut merupakan realisasi kerjasama antara UNS yang bekerjasama dengan pihak TNI.

"Ya ini realisasinya salah satunya adanya kuliah umum, yang disampaikan Panglima dan nanti juga masih terus dilakukan kerjasama yang lain," katanya.

Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko seusai memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa UNS, terus dilanjutkan kegiatan serupa di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di kampusnya Pabelan Surakarta. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home