Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:21 WIB | Senin, 26 Januari 2015

Papua - KPA: Masih Tersedia ARV Gratis Bagi Odha

WHO: Antiretroviral Menyelamatkan 9,7 Juta Pengidap HIV/AIDS Selama 2012. (Foto: dok.satuharapan.com)

SENTANI, SATUHARAPAN.COM - Komisi Penanggulangan AIDS (KPS) Kabupaten Jayapura, Papua, mengklaim bahwa hingga saat ini Anti-Retro Viral (ARV) gratis bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di wilayah setempat masih tersedia dan mencukupi kebutuhan.

Sekretaris KPA Kabupaten Jayapura Purnomo di Sentani, Senin (26/1) mengatakan,  tidak benar jika ARV kini harus dibeli oleh ODHA, pasalnya rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) masih menggratiskan ARV.

"Oknum yang menyebarkan isu mengenai pembelian ARV kami duga hanya ingin menghindari minum obat ini dan orang yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Menurut Purnomo, justru seorang ODHA harus rajin meminum ARV sehingga dapat terus mempertahankan kekebalan tubuhnya dari virus HIV/AIDS.

"Kemajuan terbaru kini ARV bisa diminum hanya sekali saja, dulu kan harusnya 12 jam sekali harus minum obat," katanya.

Dia menjelaskan, kesadaran masyarakat mengenai bahaya HIV/AIDS masih rendah, sehingga dalam kesadaran tata cara minum obat untuk ODHA pun masih rendah pula.

"Dalam sosialisasi yang dilakukan KPA Kabupaten Jayapura, secara terus menerus kami mengingatkan masyarakat memeriksakan diri dan rutin meminum obat jika ternyata positif mengidap HIV/AIDS," katanya lagi.

Kasus Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Kabupaten Jayapura, Papua berdasarkan data terakhir per Juni 2014 tercatat 1.484 kasus yang terdiri dari 631 kasus HIV dan 853 kasus AIDS. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home