Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 15:25 WIB | Senin, 25 Mei 2015

Para Pesohor Berduka atas Kematian John Nash

John Nash (kiri) pada waktu muda, dan aktor Russell Crowe saat memerankan dirinya di film A Beautiful Mind. (Foto: bbc.co.uk)

SATUHARAPAN.COM – Matematikawan John Forbes Nash Jr, pria yang menjadi inspirasi film pemenang Academy Award A Beautiful Mind, meninggal dalam kecelakaan mobil Sabtu (23/5). Nash, 86 tahun, dan istrinya, Alicia, berada di taksi di New Jersey Turnpike ketika kecelakaan itu terjadi. Mereka terlempar dari taksi, dan tidak mengenakan sabuk pengaman, Mashable melaporkan.

Pengguna Twitter membanjiri situs microblogging dengan pesan duka pada Minggu pagi, ketika berita kematian Nash tersebar di media. Di antaranya yang pertama yang mengenang Nash adalah aktor Russell Crowe, yang memerankan Nash sebagai pria pengidap skizofrenia pemenang Hadiah Nobel dalam film keluaran 2001 A Beautiful Mind.

Jennifer Connelly, yang bermain dalam film itu sebagai Alicia, menyatakan belasungkawa dalam sebuah pernyataan ke Just Jared. “Ini adalah kehilangan besar,” katanya. “John dan Alicia Nash adalah inspirasi, dan saya memiliki kekaguman yang mendalam untuk semua yang mereka capai dalam hidup mereka. Rasa suka saya dengan keluarga mereka.”

Sutradara film, Ron Howard, dan produser, Brian Grazer, juga mengunggah pesan mengenang Nash.

Hollywood bukan satu-satunya tempat yang membuat Nash terkenal. Peneliti senior bidang matematika di The Princeton University ini adalah sosok legendaris untuk karyanya “Nash Equilibrium” dalam teori permainan (game theory). Dalam teori permainan dan kompetisi dikatakan bahwa setiap orang berjuang memperebutkan keinginan masing-masing. Dia mengembangkan sebuah ide, bahwa setiap pemain dalam permainan tersebut, ada sebuah solusi ideal yang berhubungan dengan tindakan pemain lain.

Ekonom Roger Myerson mengatakan kepada New York Times terobosan Nash “sebanding dengan penemuan double helix DNA dalam ilmu biologi.” Nash memenangkan Hadiah Nobel pada 1994 dalam ilmu ekonomi dengan Reinhard Selten, dan John Haranyi. Dia dianugerahi Penghargaan Abel di Norwegia pekan ini.

“Kami kaget dan sedih dengan berita meninggalnya John Nash dan istrinya—sang juara besar—Alicia,” kata Presiden Princeton Christopher L. Eisgruber dalam sebuah pernyataan kepada ABC News. “Prestasi yang luar biasa John menginspirasi generasi matematikawan, ekonom, dan ilmuwan yang dipengaruhi oleh karyanya yang brilian dan inovatif dalam teori permainan, dan kisah hidupnya dengan Alicia membuat jutaan pembaca dan penonton film mengagumi keberanian mereka dalam menghadapi tantangan yang menakutkan.”

Berikut reaksi politikus, penulis, dan lain-lain karena kematian mendadak John Nash.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home