Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:49 WIB | Sabtu, 08 September 2018

Parade 1.000 Mandau Akan Meriahkan Festival Mahakam Samarinda

Ilustrasi. Festival Mahakam, digelar pertama kali tahun 1999, selain sebagai hiburan masyarakat, juga untuk mempromosikan daya tarik wisata agar dapat datang ke Samarinda. (Foto: Pedoman Wisata)

SAMARINDA, SATUHARAPAN.COM – Parade 1.000 Mandau, Mandau Mini Expo, serta Sejarah dan Ritual Mandau, akan memeriahkan Festival Mahakam 2018 yang digelar 2 – 4 November mendatang.

Acara kali ini merupakan acara yang ke-18 kali digelar, sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1999. Tahun sebelumnya, Festival Mahakam dimeriahkan dengan penampilan 1.000 hudoq, penari dengan menggunakan topeng dan kostum menarikan tarian ungkapan syukur subetnis Dayak di Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda, Muhammad Faisal, seperti diberitakan rri.co.id, mengatakan dengan mengusung tema “100 Wonderful Events Indonesia 2018”  pihaknya mempersembahkan kembali Festival Mahakam, yang tidak hanya untuk masyarakat Kota Samarinda, tetapi untuk seluruh masyarakat di Kalimantan Timur dan Indonesia pada umumnya.

“Ritual Mandau adalah sebuah simbolis prosesi acara adat, mulai dari awal pembuatan mandau hingga penyempurnaan mandau menjadi sebuah alat yang bermanfaat bagi manusia,” katanya.

Tiga puluh acara bakal digelar di ajang itu, mengutip dari situs web Dinas Pariwisata. Beberapa acara yang biasanya ditunggu masyarakat, masih dipertahankan, seperti beberapa perlombaan di Sungai Mahakam, dimulai dari lomba berenang menyeberangi sungai hingga lomba balap lain, seperti balap perahu dompeng, balap perahu naga, balap perahu tambangan. Selain itu, digelar pula lomba tari kreasi daerah yang banyak diikuti dari kota lain di Kalimantan.

Festival Mahakam selain diikuti oleh peserta wilayah Kalimantan, juga diikuti peserta dari luar Kalimantan, di antaranya Sumatera Utara, serta peserta negara luar, yakni Spanyol dan India.

Muhammad Faisal mengatakan target utama penyelenggaraan Festival Mahakam yang telah berlangsung sejak 1999, adalah memperkenalkan Sungai Mahakam. Selain sebagai hiburan masyarakat, festival digelar untuk mempromosikan daya tarik wisata agar dapat datang ke Samarinda.

Editor : Sotyati

Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home