Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 09:52 WIB | Selasa, 25 Oktober 2016

Park and Ride Akan Dibangun di Kawasan Thamrin

Ilustrasi. Bus Transjakarta. (Foto: Dok. Satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan mulai menyediakan lokasi pembangunan park and ride seluas 8.710 meter persegi di Jalan M.H Thamrin no 10, Jakarta Pusat.

"Rencananya akan dimulai dengan pemasangan plang/papan pengumuman yang berisi lokasi sebagai park and ride," ujar Andri Yansyah, Kepala Dishubtrans DKI Jakarta, saat rapat pimpinan (Rapim), Senin (24/10).

Lokasi ini nantinya akan dikelola langsung oleh BLUD Perparkiran DKI Jakarta. Namun rencana pembangunan park and ride di sana tidak berupa bangunan permanen mengingat lahan yang akan digunakan itu masih sengketa.

"Kami juga sudah minta ke Dinas Bina Marga untuk melakukan pengurukan dan pengaspalan agar segera bisa langsung dibangun," kata dia.

Selain di Jalan M.H Thamrin, park and ride juga akan dibangun di Lapangan Banteng, Cempaka Mas, Glodok, Roxy dan Kebon Kacang.

Pembangunan tempat parkir ini rencananya akan dibangun dengan sistem buy back (beli kembali) atau biaya pembangunan park and ride baru dibayarkan Pemprov DKI Jakarta setelah pengerjaan fisik selesai.

"M‎ekanisme kerja samanya buy back. Pihak kontraktor membangun, kita sebagai operator. Biaya pembangunannya nanti dibayarkan dengan cara dicicil dari pendapatan‎," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/10).

Sejauh ini kepengurusan izin telah melalui dua instansi yakni Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) dan Dinas Tata Air DKI Jakarta.

"‎Kita juga sudah berkirim surat kepada Dinas Tata Air tentang permohonan izin rekomendasi terkait rencana pembangunan parkir di atas saluran," ungkapnya.

Andri menambahkan, terkait penentuan penyedia gedung park and ride, pihaknya menetapkan‎ berdasarkan kontrak berbasis kinerja seperti yang sudah dilakukan dalam pengerjaan Electronic Road Pricing (ERP). (beritajakarta.com)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home