Loading...
HAM
Penulis: Prasasta Widiadi 06:36 WIB | Kamis, 27 Oktober 2016

Parlemen Kanada akan Menerima Pengungsi Yazidi

Ilustrasi. Sejumlah anak Yazidi di kamp pengungsian di Nawrous, sekitar 40 kilometer dari perbatasan Suriah. (Foto: un.org)

OTTAWA, SATUHARAPAN.COM – Parlemen Kanada, Selasa (25/10), memilih menampung pengungsi Yazidi dalam empat bulan, dan menyatakan penganiayaan yang dilakukan kelompok Islamic State Iraq and Syria (ISIS) terhadap masyarakat Yazidi di dekat perbatasan Suriah di Irak utara sebagai genosida.

Pemerintah Kanada mengatakan masih mempertimbangkan rencana untuk penerimaan itu dan belum tahu berapa banyak pengungsi Yazidi yang akan diterima Kanada dalam periode 120 hari.

“Rasanya penting untuk menegaskan bahwa Kanada akan selalu menjadi negara yang terbuka dan bersedia membantu orang-orang yang membutuhkan dari seluruh dunia,” kata Perdana Menteri Justin Trudeau di Dewan Parlemen.

“Saya senang melihat kembali Nadia (Murad), seorang aktivis Irak, hari ini dan meyakinkannya bahwa dalam beberapa bulan mendatang kami bertekad untuk menerima pengungsi Yazidi yang membutuhkan bantuan,” kata Justin Trudeau.

Namun, Menteri Keimigrasian John McCallum mengingatkan Kanada telah berhasil menampung lebih dari 25.000 pengungsi Suriah hanya dalam beberapa bulan pada awal tahun.

Murad diculik oleh kelompok ISIS dari desa tempat tinggalnya di Kocho dekat Kota Sinjar di bagian utara Irak pada Agustus 2014 dan dibawa ke Kota Mosul. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home