Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:13 WIB | Jumat, 03 Juli 2015

Partai Komunis Tiongkok Anggap Penting Kerja Sama dengan Portugal

Pemimpin Partai Komunis Tiongkok, Liu Qibao (Foto: xinhua.net)

LISBON, SATUHARAPAN.COM – Pejabat senior Partai Komunis RRT (Republik Rakyat Tiongkok), Liu Qibao mengapresiasi kerja sama multilateral dengan Portugal dalam berbagai agenda yakni politik, pariwisata, dan pendidikan guna melancarkan hubungan bilateral kedua negara.

Saat melakukan pertemuan bilateral, seperti diberitakan news.xinhua.net, Kamis (2/7) Liu menyebut bahwa kerja sama tidak hanya sebatas di permukaan namun Liu menyebut kemudian hari Partai Komunis Tiongkok akan mengundang Partai Sosialis Demokrasi (PSD) Portugal untuk pendidikan kaderisasi partai.

Pada kunjungan tiga hari di Lisbon, Portugal. Liu bertemu dengan Perdana Menteri Portugal Pedro Passos Coelho yang juga Presiden PSD – partai yang beroposisi dengan Partai Sosialis di Portugal di bawah pimpinan Antonio Costa – yang bermarkas di Lisbon.

“Kami menghargai diplomasi sabuk pengaman (Belt And Road), yang ditawarkan Tiongkok sebagai salah satu poin kerja sama antara Portugal dan Tiongkok sebagai sebuah kerja sama antar negara,” kata Coelho.

Belt and Road adalah inisiatif pengembangan strategi diplomasi yang dikembangkan Presiden Tiongkok, Xi Jinping pada 2013. Program ini  yang berfokus pada konektivitas dan kerjasama antara Tiongkok dengan berbagai negara di Eurasia (Eropa dan Asia), yang terdiri dari dua komponen utama yakni SREB dan MSR. yang dikenal sebagai Jalur Sutera Ekonomi" darat (SREB) dan "Jalur Sutera Maritim Tiongkok "(Maritime Silk Road/MSR). (news.cn/wikipedia.org).

 

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home