Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:46 WIB | Selasa, 01 Desember 2015

Pasangan Calon Diminta Minimalisasi Konflik Pilkada

Ilustrasi penggalangan massa pilkada Papua. (Foto: mediapapua.com)

MANOKWARI SELATAN, SATUHARAPAN.COM – Jelang pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Desember mendatang, Kepala Suku hatam Wilayah I, Mansel, Bernard Mandacan, meminta Pasangan Calon (Paslon), mengutamakan konsep menyatukan warga dan tidak saling menjatuhkan.

“Kedua kandidat pasti memiliki masa pendukung yang jelas. Kami minta dalam menjalankan aksi penggalangan masa, kedua Paslon ini harus berjalan pada jalur yang nyaman, dan tidak saling menjatuhkan, karena itu akan memicu perpecahan diantara warga,” katanya  pekan lalu.

Ketegasan ini disampaikan, menyusul adanya isu yang kurang menyenangkan dari penggalangan masa oleh tim pemenangan salah satu Paslon.

Ia berharap, untuk tidak menjatukan lawan, karena masing-masing Paslon memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila kedua kandidat hanya sibuk saling menjatuhkan, maka akan membuat kondisi kurang baik di lingkungan masyarakat.

“Saya pikir semua kandidat yang maju bertujuan untuk membangun bukan untuk membuat perpecahan di Kabupaten Mansel. Sehingga hal-hal yang dapat memicu konflik di masyarakat sedini mungkin untuk dihindari,” katanya.

Bernard, juga meminta kepada pihak yang berkompeten dalam melaksanakan Pilkada, khususnya KPU dan Panwas, agar betul-betul mengawal ketat pergerakan tim pemenangan calon Bupati Mansel. Hal tersebut dimaksudkan agar semua tim yang berada di lapangan tidak keluar dari jalur yang suda ditentukan oleh Pemerintah Pusat melalui peraturan yang ada.

“Sangat penting bagi KPU, untuk pertemukan kedua kandidat, agar menyepakati tata cara penggalangan massa di Mansel, sehingga kedepan kandidat yang ada dapat berjalan sesuai aturan dan kesepakatan bersama,” katanya.

Selain itu, dirinya berharap kepada masing-masing Paslon tidak berlebihan dalam menyampaikan visi dan misi. “Visi dan Misi yang disampaikan harus jelas, dan bisa dipertanggung jawabkan ketika duduk sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pertama Mansel,” katanya.(mediapapua.com)

Editor : Bayu Probo

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home