Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 23:46 WIB | Sabtu, 04 Juli 2015

Pasar Murah Kembali Digelar di Rusunawa Jakarta Utara

Ilustrasi. Pasar murah digelar di Ciracas, Jakarta Timur. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pasa murah menyambut Hari Raya Idul Fitri akan kembali digelar. Kali ini, pasar murah rencananya diselenggarakan di rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Marunda dan Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan pihak penyelenggara Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI.

 

Pasar murah diselenggarakan tiga hari, yakni mulai 13 hingga 15 Juli pekan depan. Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Zaenab Biki mengatakan, kegiatan pasar murah menyasar  masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

 

"Ini kan tujuannya mengantisipasi kenaikan harga pangan. Yang merasakan dampak kenaikan adalah masyarakat kelas menengah ke bawah, dan daerah yang paling banyak kelas menengah ke bawah itu daerah Kecamatan Cilincing, ada empat lokasi. Yang di Wali Kota Jakut ini kita ambil di sekitar kantor WKJU, Kecamatan Tanjung Priok, dan Kecamatan Koja," kata Zaenab seperti dikutip beritajakarta.com pada hari Jumat (3/7).

 

Sudin KPKP bekerja sama dengan PD Dharma Jaya dan Unit Pengelolaan Rumah Potong Hewan Rawa Kepiting DKI Jakarta menyediakan daging sapi dan daging ayam murah. Pemprov berharap dengan adanya pasar murah, harga di pasar jelang hari raya tetap stabil.

 

"Biasanya pada saat menjelang hari Lebaran harga daging sapi dan harga daging ayam terus meningkat. Untuk itu kita melakukan intervensi harga melalui pasar murah," kata Zaenab.

 

Pemprov DKI akan mendistribusikan kupon kepada warga melalui pihak kecamatan. Syarat pengambilan kupon tersebut, masyarakat harus membawa foto kopi KTP DKI ke kelurahan masing-masing untuk ditukarkan dengan kupon. Satu kupon hanya berlaku untuk satu KTP.

 

Sementara itu, besaran subsidi yang diberikan di antaranya sebesar Rp 50.000 per kilogram untuk daging sapi dan Rp 25.000 per ekor untuk ayam. Harga daging yang sudah ditetapkan oleh Sudin KPKP sebesar Rp 89.000 per kilogram untuk daging sapi dan 40.000 per ekor untuk ayam.

 

"Jadi masyarakat cukup membayar Rp 39.000 per kilogram untuk daging sapi dan Rp 15.000 per ekor untuk daging ayam," kata Zaenab.

 

Sebelumnya, pasar murah juga digelar di Jakarta Timur oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perdagangan (KUMKMP). Pasar murah digelar selama tiga hari mulai 2 Juli hingga 4 Juli di GOR Ciracas. 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home