Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:30 WIB | Jumat, 21 Oktober 2016

Pasukan Irak Rebut Kembali Kota di Timur Mosul

Asap membubung dari pinggiran wilayah Qayyarah, 60km sebelah selatan Mosul, 20 Oktober 2016, saat operasi pembebasan Mosul dari ISIS. Dalam operasi terbesar militer Irak dalam beberapa tahun, militer pemerintah berhasi merebut belasan desa, sebagian besar berada di selatan dan timur Mosul. (Foto: Bulent Kilic/AFP)

ARBIL, SATUHARAPAN.COM- Dinas kontraterorisme elite Irak merebut kembali kontrolnya secara penuh di Bartalla, sebuah kota keci di bagian timur Mosul yang direbut kelompok ISIS dua tahun lalu, Kamis (20/10).

Komandan CTS, Taleb Sheghati al-Kenani, mengumumkan kekalahan ekstremis ISIS di Bartalla dalam siaran televisi dari kota itu, yang terletak kurang dari 15 kilometer dari pinggiran timur Mosul.

“Saya mengumumkan kepada rakyat Bartalla dan Mosul bahwa kami sudah secara penuh merebut kontrol Bartalla. Penduduknya dan semua infrastruktur di sana sekarang di bawah kendali CTS,” ujarnya.

Dia menekankan bahwa kendali terhadap Bartalla, yang saat ini menjadi salah satu basis terdekat pasukan Irak dalam peregerakan mereka ke Mosul, adalah langkah penting bagi serangan utama yang diluncurkan empat hari sebelumnya.

Perdana Menteri Haider al Abadi, yang sebelumnya mengunjungi garis depan pada Rabu (19/10), pada Senin (17/10) pagi mengumumkan peluncuran serangan besar terhadap Mosul.

Operasi tersebut adalah serangan terbesar Irak dalam beberapa tahun dan ditujukan untuk merebut kembali Mosul, kota terbesar kedua di negara itu sekaligus benteng utama terakhir ISIS di Irak.

“Kami memberi tahu warga Mosul bahwa kami datang untuk merebut kembali Mosul,” ujar Kenani. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home